10 Film Horor yang Siap Menghantui di Awal Tahun 2024, Nomor 8 Auto Bikin Penonton Tobat

10 Film Horor yang Siap Menghantui di Awal Tahun 2024,  Nomor 8 Auto Bikin Penonton Tobat

Ilustrasi--dok : sumsek.co

SUMEKS.CO – Film horor selalu meraih rating tertinggi dari penonton di Indonesia. Ini  terlihat dari jumlah penonton film horor Indonesia yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Tak heran semakin banyak film yang mengusung genre horor di Indonesia. Tak perlu khawatir bagi para pecinta film horor, di awal tahun 2024 ini akan dimanjakan berbagai film genre horor.

Bahkan sutradara kawakan Hanung Bramantyo kali ini turun gunung kembali membuat film horor setelah absen 17 tahun tidak mengeluarkan film horor.

Berikut 10 film horor yang bisa disaksikan di layar lebar CGV dan beberapa bioskop lainya di pembuka awal tahun 2024 .

BACA JUGA:Film Horor Indonesia, Siksa Neraka Dilarang Tayang di Malaysia dan Brunei Darussalam, Ternyata Ini Alasannya?

1. SEHIDUP SEMATI

Sehidup Semati: Misteri, Horor, dan Perjuangan di Balik Janji "Bersama Sampai Maut Memisahkan".

Film yang disutradarai Upi Avianto ini mengusung genre thriller-horor psikologis, film ini menyuguhkan kisah kompleks tentang seorang perempuan, Renata (Laura Basuki), yang terjebak dalam pernikahan penuh trauma dan teror supranatural.

Kenyataan pahit mulai dirasakan Renata setelah menikah dengan Edwin (Aryo Bayu). Edwin mulai menampakan sifat aslinya yang sering berselingkuh dan bahkan melakukan kekerasan terhadap Renata.

BACA JUGA:Film 'Jatuh Cinta Seperti di Film-Film' Most Hearts To Views dan Top Highest Rated Romance

Film ini mengusung isu-isu yang sangat dekat dengan kehidupan saat ini. Film ini secara berani menyoroti isu KDRT dan perselingkuhan, yang sayangnya masih kerap menjadi permasalahan nyata dalam masyarakat.

Kisah Renata menjadi cerminan bagi para perempuan yang menghadapi situasi serupa, menggugah empati dan mendorong penonton untuk berani bersuara dan mencari pertolongan.

Upi Avianto, yang dikenal dengan estetika visualnya yang kuat, kembali menunjukkan kepiawaiannya dalam Sehidup Semati.

Sinematografi yang apik dan tata cahaya yang dramatis berhasil membangun atmosfer mencekam dan misterius.

BACA JUGA:Film 10.000 BC Mengungkap Fakta Terbaru Kehidupan Alam Liar Sebelum Masehi

Setiap detail visual, mulai dari rumah tua megah yang menjadi latar utama hingga kostum para karakter, dipadukan dengan cermat untuk memperkuat narasi film.

2. TRINIL

Film besutan Hanung Bramantyo ini mereproduksi drama radio horor legendaris dari tahun 1980an.

Film ini bercerita tentang sepasang suami istri yang baru saja menikah, Rara (Carmela van der Kruk) dan Sutan (Rangga Nattra). Rara mewarisi perkebunan teh milik ayahnya di Jawa Tengah.

BACA JUGA:Beda dari Film Lain, Film Petualangan Anak Penangkap Hantu Jadi Film Adventure Seru di Awal Tahun

Namun, mereka diteror oleh makhluk halus yang dikenal sebagai kuyang. Kuyang adalah sosok makhluk yang hanya berupa kepala dan isian perut, tanpa badan dan kaki.

Kuyang biasanya berambut panjang dan terbang gentayangan untuk mencari wanita yang hamil.

Film yang dibintangi aktris kawakan Wulan Guritno ini cukup menarik karena digambarkan berlatar waktu tahun 1970an di sebuah kebun teh di Jawa Tengah.

Penonton akan dibawa nostalgia dengan pemandangan era tahun 70an yang masih sangat asri.

BACA JUGA:Film Horor Mencekam Awal Tahun, Night Swim Tayang di Bioskop Indonesia Hari Ini

Trinil menjadi film horor pertama Hanung Bramantyo setalah vakum memproduksi film genre ini 17 tahun terakhir.

Hanung memiliki gagasan akan mereproduksi cerita Trinil ini kemudian segera menelpon Haqi Ahmad sebagai penulis naskahnya.

Tak hanya film horor biasa, Haqi Ahmad membalut naskah film ini dengan kisah darama yang kuat.

Haqi menyampaikan “Karenanya, saya dan Mas Hanung membuat Trinil: Kembalikan Tubuhku sebagai horor berfondasi drama yang kuat. Saya selalu tertarik dengan hubungan orangtua dan anak”.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Film Terbaru yang Akan Tayang di Bioskop Januari 2024, Ada Film Ancika dan Bu Tejo

3. MUNKAR

Disutradarai oleh Anggy Umbara dan dibintangi oleh Adhisty Zara, Safira Ratu Sofya, dan Saskia Chadwick, akan tayang di bioskop pada tanggal 7 Februari 2024.

Film ini mengangkat kisah urban legend terkenal di Lamongan, Jawa Timur, tentang sosok Herlina, seorang santriwati yang sering dirundung oleh teman-temannya.

Karena sudah tidak tahan dengan perlakuan teman-temanya, Herlina (Safira Ratu Sofya) mencoba untuk kabur dari pesantren. Dalam pelariannya tersebut, Herlina tertabrak mobil hingga meninggal.

BACA JUGA:3 Rekomendasi Film Horor Ini Akan Kembali Tayang Menghantui di Layanan Streaming Januari 2024

Kisah teror hantu gentayangan dimulai. Arwah Herlina yang dendam terhadap teman-temannya kembali ke pesantren untuk membalaskan dendam. Teman-teman Herlina mulai mendapatkan teror satu persatu.

Bentuk teror seperti apa yang dibalaskan Herlina kepada teman-temanya?

Film ini mengajarkan tentang dampak buruk yang bisa terjadi akibat bullyan terhadap teman dilingkungan sekolah.

4. NIGHT SWIM

Film supranatural ini ditulis dan disutradarai oleh Bryce McGuire. Film ini dibintangi oleh Wyatt Russell dan Kerry Condon.

BACA JUGA:Kreator Serial Anime Anohana Menggandeng Studio Cloverworks Produksi Film Fureru!

Night Swim berkisah tentang keluarga Waller, yaitu Ray (Russell), Eve (Condon), Izzy (Amélie Hoeferle), dan Elliot (Gavin Warren), yang baru saja pindah ke rumah baru.

Ray, seorang mantan pemain baseball profesional, memutuskan untuk pensiun karena penyakit yang dideritanya. Ia berharap kolam renang di rumah barunya dapat membantunya dalam proses pemulihan.

Kisah supranatural bermula ketika mereka berada di kolam renang. Disana mereka diteror oleh sosok hantu yang selama ini mendiami kolam renang tersebut.

Ray dan Eve pun mulai menyelidiki, dan mereka menemukan bahwa kolam renang tersebut terkait dengan kematian seorang gadis bernama Sarah Fuller.

BACA JUGA:Film Ancika : Dilan Berubah Setelah Putus Dengan Milea

Diketahui Sarah Fuller telah meninggal secara misterius dikolam renang tersebut pada usia 12 tahun.

Arwahnya Sarah masih mendiami kolam tersebut dan tidak mau meninggalkannya, karena masih ada ikatan dengan lokasi tersebut.

Film ini sebagian besar berseting di kolam renang keluarga dengan teror dari penghuni sebelumnya yang meninggal misterius di kolam tersebut.

5. PANGGONAN WINGIT

BACA JUGA:Film Horor Terbaru Permukiman Setan Segera Rilis di Bioskop, Cek Jadwal Tayangnya Disini

Panggonan wingit dibintangi aktor kawakan Christian Sugiono dan Luna Maya. Film ini menceritakan kisah kakak beradik yang terperangkap didalam hotel angker.

Kisah horor dimulai dari kepindahan kakak beradik Raina (Luna Maya) dan Fey (Bianca Hello) ke Semarang.

Raina dan Fey diberi mandat untuk mengelola hotel tua warisan keluarganya di Semarang.

Suatu malam, Raina mendengar suara tangis dari lantai tiga yang dilarang dimasuki siapapun. Lalu dia membuka pintu sebuah kamar tak bernomor di sana.

BACA JUGA:Beda dari Film Lain, Film Petualangan Anak Penangkap Hantu Jadi Film Adventure Seru di Awal Tahun

Ternyata kamar itu disebut “Panggonan Wingit”, sebuah tempat yang sudah lama dihuni oleh sosok gaib.

Jika ada yang membuka kamar itu, dia akan melihat sosok wanita berkulit putih dan berambut putih yang mengatakan “Telung dino, tengah wengi” yang artinya “Tiga hari, tengah malam”.

Lalu, tiga hari kemudian akan mati dikuliti saat tengah malam. Teror mencekam mulai menghantui mereka di hotel tersebut. Akankan Raina dan Fey bisa lolos dari kutukan “Telung dino, tengah wengi”?

6. KERETA BERDARAH 

BACA JUGA:Epik! Film Dragon of Wonderhatch Gabungkan 2 Dimensi Dunia Jadi Satu, Ini Jadwal Tayangnya

Film besutan sutradara senior Risal Mantovani ini rencana akan tayang dilayar lebar pada awal Februari mendatang.

Fakta unik dari pembuatan film ini, rumah produksi MVP Picture sampai harus membuat gerbong kereta sendiri khusus untuk shoting.

Film Kereta Berdarah dibintangi oleh Fadly Faisal, Hana Malasan, Zara Leola, Putri Ayudia, Yama Carlos, Kiki Narendra, Sahira Anjani, Totos Rasiti, Ruth Marini dan lain-lain.

Seperti judulnya film horor ini menceritakan tentang kejadian menyeramkan penumpang yang terjebak didalam kereta api misterius Sangkara.

BACA JUGA:5 Film Terbaru Akan Tayang di Netflix Minggu Ini, Ada Gyeongseong Creature Hingga Rebel Moon

Awalnya, perjalanan kereta berlangsung seperti biasa, tetapi keadaan berubah menjadi menakutkan ketika gerbong-gerbong kereta mulai terputus satu per satu.

Teror mencekam mulai menghantui para penumpang. Banyak korban telah berjatuhan, para penumpang yang masih sadar berusaha keluar dari gerbong namun sepertinya benar-benar tidak bisa keluar dari sana.

Apa sebenarnya yang terjadi dengan kereta Sangkara ini? Adakah yang bisa berhasil lolos dari teror mencekam di dalam gerbong tersebut?

7. PETUALANGAN ANAK PENANGKAP HANTU

BACA JUGA:Film Tira Sudah Tayang, Sajikan Cerita Superhero Lokal di Balut Mistis Nusantara

Petualangan Anak Penangkap Hantu adalah film horor ramah anak Indonesia yang disutradarai oleh Jose Poernomo dan diproduksi oleh MNC Pictures.

Film tersebut diadaptasi dari novel karya Asma Nadia dengan judul yang sama. Film ini dibintangi oleh Muzakki Ramdhan, Giselle Tambunan, dan Muhammad Adhiyat.

Film ini mengkisahkan tentang sekelompok bocah yang tertarik untuk memecahkan misteri dan pencarian hantu.

Rafi (Muzakki Ramdhan), Chacha (Giselle Tambunan), dan Zidan (Muhammad Adhiyat) adalah tiga anak yang kemudian membentuk kelompok bernama Anak Penangkap Hantu (APH).

BACA JUGA:Film Buya Hamka Lanjut Vol 2! Angkat Kisah Cinta dengan Siti Raham, Ini Sinopsisnya

Kisah misterinya dimulai ketika kelompok APH ini mendapat permintaan bantuan dari Gita (Adinda Thomas), seorang gadis yang tinggal di desa terpencil.

Desa Gita sedang dilanda kekeringan dan teror oleh hantu hutan yang menculik beberapa warga.

APH pun berangkat ke desa Gita untuk memecahkan misteri tersebut. Sesampainya di sana, mereka mulai mengalami berbagai kejadian aneh dan menyeramkan.

Mereka pun harus menghadapi berbagai tantangan untuk menyelamatkan desa Gita dari teror hantu hutan.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Film Terbaru di Bioskop, Cocok Jadi Tontonan Keluarga Selama Liburan Nataru

Bisakah mereka menemukan sosok hantu hutan yang menggangu desa tersebut dan menghentikan terornya?

8. SIKSA NERAKA

Diadaptasi dari komik populer karya M. B. Rahimsyah, film ini disutradarai oleh Anggy Umbara.

Film ini berkisah tentang Saleh (Rizky Fachrel), Fajar (Kiesha Alvaro), Tyas (Ratu Sofya), dan Azizah (Nayla Purnama), empat kakak beradik yang dibesarkan dalam keluarga agamis.

BACA JUGA:Sutradara Todd Philips Sebar Kisi-Kisi Potongan Gambar Film Joker 2, Tayang Tahun 2024?

Tumbuh dengan didikan tentang surga dan neraka, Kakak beradik tersebut suatu malam melakukan perjalanan tanpa izin ke desa seberang dan terseret arus sungai.

Saleh terbangun di alam yang berbeda, neraka seperti yang selama ini digambarkan sang ayah.

Disana keempat orang tersebut bertemu dengan Iblis jagal. Iblis itu mengatakan bahwa kakak beradik tersebut harus menjalani hukuman neraka karena dosa-dosa yang dilakukan semasa hidupnya.

Saleh dan adik-adiknya kemudian berusaha untuk mencari jalan keluar dari neraka. Untuk dapat keluar dari neraka juga harus menghadapi siksaan-siksaan yang mengerikan.

BACA JUGA:Film Yuni, Perjuangan Gadis Mengejar Impian Ditengah Relasi Kuasa Budaya Patriarki

Api membara, belatung penggigit, dan hukuman mengerikan lainnya digambarkan secara visual detail dan intens, cukup untuk membuat penonton menutup mata atau bahkan memilih berpaling.

Namun, Siksa Neraka lebih dari sekadar film horor biasa. Di balik visualisasi neraka yang mencekam, film ini menyimpan pesan moral yang kuat.

Setiap tokoh menghadapi siksaan sesuai dosa mereka, mulai dari kebohongan, iri hati, hingga durhaka pada orang tua.

Hal ini mendorong penonton untuk merenungkan perbuatan mereka sendiri dan menyadari konsekuensi yang mungkin diterima kelak.

BACA JUGA:Tayang di Netflix! Film Horor Terbaru Scream Bisa Jadi Alternatif Habiskan Liburan Nataru, Ini Sinopsisnya

Film ini juga menyoroti pentingnya pendidikan agama dan nilai-nilai moral dalam keluarga.

Keluarga Saleh digambarkan sebagai keluarga agamis, namun ternyata tidak cukup menjamin anak-anak mereka terbebas dari dosa.

Hal ini menjadi kritik sosial yang relevan, bahwa ajaran agama perlu dibarengi dengan pendidikan karakter dan lingkungan yang baik.

9. RAMBUT KAFAN

BACA JUGA:15 Film yang Bakal Tayang di Bioskop Tahun 2024 Mendatang, Ada Horor dan Thriller

Film horor Indonesia Rambut Kafan yang disutradarai oleh Helfi Kardit dan dibintangi Bulan Sutena, Yama Carlos, Virnie Ismail, dan Catherine Wilson, akan tayang di bioskop pada tanggal 18 Januari 2024.

Film ini diangkat dari kisah legenda masyarakat terkenal di Indonesia, tentang sosok arwah ibu yang menghantui keluarganya karena dendam.

Film ini berkisah tentang Tari (Bulan Sutena), seorang gadis muda yang tinggal bersama ayahnya, Anwar (Yama Carlos), dan ibunya, Mirna (Virnie Ismail).

Setelah melahirkan Tari, Mirna beberapa kali hamil lagi namun selalu keguguran. Kondisi kesehatan Mirna semakin menurun hingga akhirnya meninggal.

BACA JUGA:Film Horor Trinil Segera Tayang di Bioskop, Angkat Kisah Teror Lawas Hantu Tanpa Badan

Tari yang masih belum menerima kepergian ibunya, lantas mencari informasi tentang kematian Mirna. Dirinya sering dihantui sosok wanita misterius.

Wanita tersebut ternyata ibunya sendiri. Arwah Mirna masih bergentayangan karena masih ingin membalaskan dendamnya.

Beberapa kali keguguran yang dialaminya tersebut dipercayai adalah akibat perbuatan suaminya sendiri.

Tari terus mencari cara untuk menghentikan teror ibunya tersebut dan tetap ingin menyelamatkan ayahnya.

BACA JUGA:15 Film yang Bakal Tayang di Bioskop Tahun 2024 Mendatang, Ada Horor dan Thriller

Karena bagaimanapun, ayahnya satu-satunya keluarga yang dia miliki saat ini. Tari harus mengungkap kebenaran tersebut supaya ibunya tidak lagi penasaran dan memaafkan perbuatan ayahnya.

10. DEATH WISHPERER

Film Death Wishperer menjadi top 3 film Thailand terlaris sepanjang masa. Klaim ini yang tertuliskan dalam poster filmnya.

Film horor Thailand ini tidak perlu diragukan lagi. Thailand selalu berhasil menyuguhkan film horor yang mencekam dan berhasil di Indonesia.

BACA JUGA:Rekomendasi Film Baru Bulan Desember 2023 di Netflix, Cocok Untuk Mengisi Liburan Bersama Anak

Film ini diperankan oleh Nadech Kugimiya, Rattanawadee Wongtong, Denise Jelilcha Kapaun, Kajbhunditt Jaidee.

Seorang gadis muda tiba-tiba meninggal secara misterius setelah mendengar nyanyian “Tee Yod”.

Bertahun-tahun kemudian, keluarga kecil di desa terpencil di Thailand diteror oleh roh jahat yang sama dan merasuki tubuh putri Yam. Kakaknya Yak mencari bantuan dari seorang penyihir untuk mengusir setan.

Setelah melakukan perjalanan berbahaya untuk membawa Yam ke rumah sakit, Yak terpaksa menembaknya untuk mengusir roh yang keluar dari mulutnya.

BACA JUGA:Bikin Ngakak Satu Studio, Film Malaysia La Luna Tampilkan Polemik Masyarakat Konservatif

Namun, itu pun tidak bisa menyelamatkannya. Dia bersumpah akan membalas dendam terhadap kekuatan jahat kuno yang mengganggu keluarga dan desanya.

Berhasilkah keluarga ini mengusir roh jahat dari desanya? Apa sebenarnya nyanyian “Tee Yod” yang membawa roh jahat tersebut?

Demikianlah daftar 10 film horor yang tayang sebagai pembuka awal tahun 2024 ini.
Sudah punya incaran film horor mana saja yang akan ditonton? Film-film tersebut diputar di CGV yang akan siap menghantui para penontonya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: