Lestarikan Fungsi Ekosistem Gambut di Kabupaten OKI, Tim Pokja Susun RPPEG

Lestarikan Fungsi Ekosistem Gambut di Kabupaten OKI, Tim Pokja Susun RPPEG

Rapat rencana perlindungan pengelolaan ekosistem gambut, di ruangan DLH Kabupaten OKI, Senin 13 November 2023.--

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Lahan gambut di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) sangat luas. Sehingga lahan gambut perlu dimanfaatkan agar berguna bagi masyarakat termasuk ekosistemnya. 

Maka dilakukan penyusunan rencana perlindungan pengelolaan ekosistem gambut (RPPEG) Kabupaten OKI. Yakni rapat tim pokja RPPEG dan Icraf, di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten OKI, Senin 13 November 2023.

Disampaikan Kepala DLH Kabupaten OKI, H Aris Panani SP MSi melalui Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran Kerusakan Lingkungan Hidup, Ir Amsah Ahmad MSi, tujuan dari rencana PPEG ini adalah untuk melestarikan ekosistem fungsi gambut dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar ekosistem gambut di Kabupaten OKI. 

"Kita tahu Kabupaten OKI luas dengan lahan gambut nya, maka perlu dilestarikan ekosistem nya guna untuk mensejahterakan masyarakat disana," ungkapnya, kepada SUMEKS.CO.

BACA JUGA:Besok, DPRD Kabupaten Ogan Ilir Gelar Pelantikan PAW 2 Anggota Dewan dari Partai Golkar

Dia menjelaskan, rata-rata lahan di gambut di kecamatan-kecamatan di Kabupaten OKI ada. Maka dilakukan penyusunan rencana yang melibatkan para pihak terkait untuk menjabarkan pengelolaan perlindungan 30 tahun kedepan. 

"Jadi semuanya berinisiatif dalam perlindungan pengelolaan yang dilakukan pemerintah dan non pemerintah maupun masyarakat," jelasnya. 

Lanjutnya, untuk sasaran penyusunan PPEG ini meliputi upaya mewujudkan pelestarian gambut dengan memperhatikan karakteristik fungsi lindung dan fungsi budidaya. 

Termasuk menyusun strategi pengelolaan ekosistem gambut yang melibatkan berbagai pihak berdasarkan aspek pemanfaatan, pengendalian dan pemeliharaan dan mitigasi serta perubahan iklim. 

BACA JUGA:Suzuki Swift Concept Tampil di JMS 2023, Ini Spesifikasinya

Amsah mengatakan, Kabupaten OKI secara administratif memiliki 1,03 juta hektar lahan gambut. Jadi ada sebesar 49,28 persen total lahan gambut di Sumatera Selatan. 

"Di Kabupaten OKI ada 11 kawasan hidrologi gambut dimana lokasinya ini tersebar," ucapnya. 

Untuk diketahui lahan gambut di Kabupaten OKI banyak terdapat di Kecamatan Pedamaran, Pedamaran Timur, Cengal, Pangkalan Lampam, Pampangan, Tulung Selatan, Sungai Menang dan sebagainya

Lahan gambut ini dengan kedalaman yang bervariasi dan rawan terbakar di musim kemarau seperti ini. Saat sudah terbakar sangat sulit dipadamkan. Yakni seperti yang terjadi di musim kemarau ini. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: