Kalau Aliran Sesat MUI Keluarkan Fatwa, Panji Gumilang Bertobat MUI Keluarkan Tausyiah

Kalau Aliran Sesat MUI Keluarkan Fatwa, Panji Gumilang Bertobat MUI Keluarkan Tausyiah

Ketua MUI Bidang Pengkajian dan Penelitian Prof Utang Ranuwijaya dan Pimpinan Al Zaytun Panji Gumilang--

Kalau Aliran Sesat MUI Keluarkan Fatwa, Panji Gumilang Bertobat MUI Keluarkan Tausyiah 

SUMEKS.CO- Menyikapi sorotan berbagai kalangan terhadap Ponpes Al Zaytun, Majelis Ulama Indonesia (MUI) terus fokus meneliti pada aspek keagamaan, dalam hal ini akidahnya.

MUI memastikan bahwa investigasi Ponpes Al Zaytun terus dilakukan pertengahan Juni 2023 ini, yaitu untuk mengklarifikasi sejumlah dugaan penyimpangan yang ditujukan terhadap Al Zaytun dan Panji Gumilang.

“Memang tupoksi penelitian MUI hanya pada bidang keagaamaan, lebih spesifik soal akidah. Tapi jika ditemukan ada data lain tetap dimasukkan ke dalam hasil penelitian,” kata Ketua MUI Bidang Pengkajian dan Penelitian, Prof Utang Ranuwijaya 

BACA JUGA:Panji Gumilang Sesumbar Tak Takut dengan Pendemo, Sebut Ponpes Al Zaytun Sebagai Pancasilais dan Nasionalis

Prof Utang yang juga Ketua Pengarah Tim ini mengungkapkan, hasil dari investigasi dari MUI belum menghasilkan apa-apa kecuali dari data yang ditemukan dari media sosial, juga pihak-pihak luar yang dianggap mengetahui soal Pondok Pesantren Al Zaytun.

“Sudah menghimpun data-data dari media sosial dan dari beberapa narasumber yang diundang seperti BNPT, Densus (88), NII Center, (dan) Nasir Abas,” sambungnya.

Lebih lanjut, Prof Utang menyampaikan, investigasi lapangan dari MUI ke Pondok Pesantren Al Zaytun ini salah satunya akan bertemu langsung dengan Panji Gumilang,  untuk mengklarifikasi sejumlah dugaan penyimpangan terhadap Al Zaytun dan Panji Gumilang.

Soal kemungkinan besar yang akan dilakukan MUI jika menemukan penyimpangan di Ponpes Al Zaytun, Prof Utang mengatakan bahwa hal itu akan diputuskan dalam rapat pimpinan.

“Biasanya, jika terbukti melanggar kriteria 10 aliran sesat yang digariskan MUI, maka akan dikeluarkan fatwa.

Akan tetapi jika Panji Gumilang secara hitam putih dan dengan meyakinkan bahwa dia bertobat dan mengakui bersalah serta tidak akan mengulangi lagi kesalahannya, maka MUI bisa jadi hanya mengeluarkan taushiyah,” kata dia.

Yang mengejutkan ada kesaksian Menteri Agama Surydharma Ali tahun 2011. Katanya Alzytun itu bagaikan kota di tengah hutan.

BACA JUGA:Panji Gumilang Sebut Pendemo Ponpes Al Zaytun Indramayu 'Omdo', Ustaz Adi Hidayat Sentil Soal Kesombongan

BACA JUGA:TEGAS! Ketua MUI Indramayu Imbau Masyarakat Agar Tak Belajar di Al Zaytun: Ajarannya sesat dan menyimpang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: