Kick-Off Kegiatan Literasi Digital di Lingkungan SMK Kabupaten Blitar

Kick-Off Kegiatan Literasi Digital di Lingkungan SMK Kabupaten Blitar

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyelenggarakan kegiatan Kick-Off Literasi Digital di Lingkungan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur, pada hari Selasa, 09 Mei 2023.--

Dilanjutkan dengan materi seminar "Kebijakan Pemerintah Kabupaten Blitar dalam Gerakan Literasi Digital Sektor Pendidikan" oleh Izul Marom selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar.

BACA JUGA:Tinjau Atletnya di Trainning Camp Jakabaring Sport City Ketum Pengprov Persani Riau Punya Harapan Ini

Dalam materinya, Izul menjelaskan tentang pentingnya 4 Pilar Literasi Digital dalam memerangi tantangan digital yang dihadapi, terutama etika digital dan keamanan digital.

"Kami ingin meningkatkan capaian literasi digital dengan 4 pilar, dengan menjaga toleransi dan meningkatkan kemampuan berpikir tenaga pendidik dalam melawan disinformasi, dan mempersiapkan talenta digital siswa SD, SMP, SMA/SMK melalui integrasi teknologi dalam metode pembelajaran dan pelatihan yang terstruktur untuk membuat lingkungan belajar yang responsif terhadap teknologi", jelas Izul.

Pada kesempatan yang sama, materi "Bendung Hoaks dan Disinformasi" disampaikan oleh Ketua Umum Relawan TIK Indonesia, Fajar Eri Dianto yang mengatakan bahwa tersedianya platform komunikasi yang memfasilitasi masyarakat untuk dapat bersosialisasi, mencari dan menyebarkan informasi, perlu menjadi perhatian bersama.

Menciptakan keamanan digital dan kenyamanan berinteraksi, sangat diperlukan untuk pembentukan pioneer sebagai generasi yang cakap digital. Fajar juga menegaskan bahwa hoaks ini sering muncul karena adanya ketidakpahaman penyerapan dan penerapan atas penyebaran informasi yang valid.

BACA JUGA:TANDA CINTA! Mamak Papua Kasih Bunga Pilot Susi Air, Bukti Cinta Demi NKRI dan Perdamaian Abadi di Bumi Papua

"Untuk itu, agar terbebas dari hoaks, kita perlu melakukan kontrol atas sikap dan tindakan sebagai netizen yang berbudaya, beretika, dan memahami pentingnya identitas digital. Cek lagi sumber beritanya, jika domain situsnya tidak benar dan isi beritanya hanya berbentuk opini, hindari untuk membaca dan membagikannya. Saring sebelum sharing", ungkap Fajar.

Sesi seminar dan workshop ditutup oleh Hani Purnawati dari Relawan TIK Indonesia. Hani menjelaskan tentang bagaimana langkah-langkah menjadi Pandu Digital.

Pertama, peserta harus membuat akun di website pandu.kominfo.go.id, kemudian daftar seminar dan workshop yang akan dihadiri. Setelah mengikuti seminar dan workshop, peserta harus mengerjakan post test. Jika lulus, peserta telah resmi menjadi Pandu Digital.

Sebagai informasi, Kick-Off Kegiatan Literasi Digital Pendidikan di SMK Kabupaten Blitar, akan dilanjutkan dengan kegiatan Seminar Literasi Digital di beberapa SMK Kabupaten Blitar, yang berlangsung dari tanggal 10 Mei sampai 12 Mei 2023 secara offline.

Adapun jumlah target dari pelaksanaan kegiatan ini secara keseluruhan adalah sebanyak 2800 peserta.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: