Sering Terbangun Tengah Malam dan sulit Tidur Kembali, Mungkin Ini Penyebabnya, Simak Disini!

Sering Terbangun Tengah Malam dan sulit Tidur Kembali, Mungkin Ini Penyebabnya, Simak Disini!

Gangguan tidur bisa dialami siapa saja hingga mengganggu kesehatan tubuh.--net

SUMEKS.CO – Pernah terbangun tengah malam dan sulit untuk tidur kembali? Kira-kira apa yang menyebabkan seseorang mengalami kondisi ini? 

Seseorang yang mengalami kondisi terbangun tengah malam biasanya akan sulit untuk tidur kembali. Kondisi ini dikenal dengan istilah middle insomnia atau sleep maintenance insomnia.

Sering terbangun tengah malam akan mengganggu kesehatan tubuh, apalagi jika tak bisa tidur kembali alias insomnia.

Dikutip dari laman alodokter.com, normalnya seseorang akan mengalami kondisi terbangun tengah malam sebanyak satu atau dua kali saja.

BACA JUGA:Ngorok, Benarkah Tanda Tidur Nyenyak dan Berkualitas atau Malah Sebaliknya?

Kondisi terbangun tengah malam ini dapat disebabkan oleh banyak faktor, contoh nya yaitu mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein, mengkonsumsi alkohol, lingkungan tidur yang tidak nyaman, adanya gangguan tidur dan juga ada masalah medis tertentu.

Sebelum mengatasi permasalahan sering bangun tengah malam ini dan tak bisa tidur kembali, penting untuk mengetahui apa saja penyebab sering bangun tengah malam ini.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut penyebab seseorang sering terbangun tengah malam dan tak bisa tidur kembali : 

1. Adanya gangguan tidur

BACA JUGA:Waspada! Ternyata Tidur Sore Hari Membawa Dampak Buruk untuk Kesehatan, Begini Cara Mengatasinya

Ketika seseorang mengalami gangguan tidur maka akan menyebabkan tidur menjadi gelisah sehingga sering terbangun dan tidak bisa tidur kembali.

Gangguan tidur yang terjadi dibedakan dalam beberapa jenis, seperti:

  • Insomnia, salah satu gangguan tidur yang cukup populer, dan sering terjadi pada siapa saja, gangguan insomnia ini menyebabkan seseorang sulit tidur dan gelisah.
  • Narkolepsi: merupakan salah satu gangguan yang terjadi pada sistem saraf yang menyebabkan rasa kantuk berlebih di siang hari.
  • Sindrom kaki gelisah: salah satu gangguan yang menyebabkan penyakit saraf yang tanpa sadar akan menyebabkan kaki bergoyang, apalagi pada malam hari.
  • Parasomnia: gangguan ini merupakan perilaku yang terjadi ketika baru tidur lalu terlelap atau saat terbangun dari tidur.
  • Sleep apnea: Gangguan ini terjadi saat terhentinya pernafasan sementara ketika tidur, kondisi ini menyebabkan terbangun atau tidur dengan sesak nafas.

2. Mendengkur

BACA JUGA: Rutin Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur di Pagi Hari Punya Banyak Manfaat Loh, Simak Penjelasannya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: