Rutin Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur di Pagi Hari Punya Banyak Manfaat Loh, Simak Penjelasannya!

 Rutin Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur di Pagi Hari Punya Banyak Manfaat Loh, Simak Penjelasannya!

Ilustrasi--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO – Air merupakan nutrisi yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.

Rutin minum air putih setelah bangun tidur dapat menstabilkan sistem limfantik yang berpengaruh pada imunitas tubuh.

Kemudian, rutin minum air putih setelah bangun tidur di pagi hari dapat meningkatkan kinerja mental sehingga menghalangi virus ataupun penyakit yang akan bersarang di dalam tubuh.

Tubuh membutuhkan air yang berguna untuk mengatur suhu badan, melumasi persendian, mengangkut nutrisi serta membuang sisa kotoran didalam tubuh melalui urine dan keringat.

BACA JUGA:8 Jadwal Minum Air Putih yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Menambah Kecantikan Loh

Selain untuk memenuhi kebutuhan cairan didalam tubuh, kebiasaan minum air putih setelah bangun tidur sangat penting untuk mencegah dehidrasi.

Selama tidur, tubuh akan mengalami kekurangan cairan yang diakibatkan oleh proses pernafasan serta keringat, oleh karena itulah mengkonsumsi air setelah bangun tidur akan membantu mengembalikan tingkat kelembaban tubuh yang berkurang selama tidur semalam.

Setiap organ didalam tubuh manusia bergantung pada pasokan air untuk menjalankan fungsi-fungsinya dengan maksimal. 

Oleh sebab itu, penting bagi setiap orang untuk memastikan bahwa kebutuhan cairan harian dapat selalu terpenuhi.

BACA JUGA:Sumsel Memasuki Puncak Suhu Udara Maksimum, Perbanyak Minum Air Putih

Adanya kandungan air dalam tubuh tidak hanya sekedar memenuhi kebutuhan cairan, namun juga memiliki fungsi yang bermacam-macam.

Seperti, menjaga keseimbangan suhu tubuh, membantu proses detoksifikasi dengan mengeluarkan racun, serta mempermudah kelancaran sistem pencernaan.

Dikutip dari siloamhospitals.com, bahwa salah satu waktu yang dianggap pas dan ideal untuk minum air putih ialah saat setelah bangun tidur di pagi hari, dengan anjuran yang disarankan untuk meminum setidaknya 1 sampai dengan 2 gelas air putih setelah bangun tidur.

Jika dilakukan dengan rutin, hal sederhana ini tidak hanya bermanfaaat untuk membantu sebagai penyeimbangan tingkat keasaman pada lambung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: