Yuk Ketahui 8 Manfaat yang Akan Didapatkan Jika Mengikuti Organisasi Saat Masa Kuliah

Yuk Ketahui 8 Manfaat yang Akan Didapatkan Jika Mengikuti Organisasi Saat Masa Kuliah

Ilustrasi--net

SUMEKS.CO – Setiap kampus pasti memiliki organisasi yang ada di dalamnya, Mengikuti organisasi kemahasiswaan di kampus mempunyai banyak manfaat untuk masa depan termasuk untuk persiapan masuk dunia kerja.

Saat memiliki status sebagai seorang mahasiswa, tentunya akan memiliki banyak kesempatan untuk mengembangkan segala potensi, kemampuan atau minat yang ada dalam diri sendiri.

Dunia perkuliahan akan sangat berbeda dengan dunia ketika sekolah, di dunia perkuliahan seseorang dibebaskan untuk memilih hal yang disukai dan diinginkan.

Kebebasan untuk mengikuti organisasi juga dirasakan di dunia kerja, seseorang dapat memilih tentang organisasi apa saja yang mungkin akan diikuti.

BACA JUGA:Catat! 5 Trik yang Harus Dipersiapkan Mahasiswa Menghadapi Sidang Skripsi

Sebagai mahasiswa baru biasanya masih bingung untuk memilih akan mengikuti organisasi atau tidak, atau organisasi apa saja yang cocok untuk diikuti.

Tetapi biasanya sebagian mahasiswa enggan untuk mengikuti organisasi saat masa perkuliahan.

Hal ini terjadi karena sebagian mahasiswa mwnganggap jika bergabung dengan organisasi akan membuang waktu saja.

Selain itu, beberapa diantaranya tidak ingin keluar dari zona nyaman karena itu menolak untuk bergabung dengan organisasi yang ada di kampus dan takut jika organisasi akan membuat waktu kuliah menjadi terganggu.

BACA JUGA:17 Rekomendasi Laptop Murah Untuk Mahasiswa dan Pelajar,Harga Mulai 2 Jutaan

Atau mungkin alasannya masih bingung apa saja sih manfaat yang bisa didapatkan jika mengikuti organisasi semasa perkuliahan.

Biar ngak bingung lagi, yuk simak beberapa manfaat yang akan didapatkan dari mengikuti organisasi saat kuliah : 

1. Bisa belajar tentang dasar-dasar kepemimpinan

Memiliki jiwa kepemimpinan merupakan salah satu hal yang sangat penting dan akan didapatkan dari mengikuti organisasi saat masa perkuliahan.

BACA JUGA:Ratusan Mahasiswa Antusias Ikuti Seminar Pasar Modal Oleh Galeri Investasi BEI Universitas Bina Darma

Sepeti hubungan masyarakat, evaluasi serta pengembangan juga melatih jiwa kepemimpinan dari masing-masing mahasiswa yang mengikuti organisasi. Ketika berada dalam suatu organisasi tentunya akan ada pelatihan terkait dengan leadership.

Salah satu manfaat yang di dapatkan jika mengikuti organisasi semasa perkuliahan adalah secara tidak langsung akan memiliki dampak terhadap kehidupan yaitu soal kepemimpinan.

Suatu organisasi merupakan salah satu wadah yang dipergunakan untuk belajar serta mengembangkan dasar-dasar kepemimpinan loh.

Dalam organisasi akan belajar untuk memimpin suatu kelompok atau orang lain ataupun rekan-rekan sesama anggota organisasi yang akan membuat seseorang belajar dan bertanggung jawab untuk disi sendiri dan juga terhadap orang lain.

BACA JUGA:Alhamdulillah, Mahasiswa UBD Palembang Raih Harapan I pada Ajang BGK Sumsel 2023

2. Bisa menambah relasi

Menjalin hubungan yang baik dengan orang lain adalah hal yang sangat penting, nah manfaat selanjutnya yang akan dirasakan ketika mengikuti sebuah organisasi yaitu dapat menambah relasi ya.

Menambah relasi ini adalah hal yang sangat penting, dalam organisasi seseorang akan bertemu dengan orang-orang baru baik yang sudah pernah berkenalan ataupun yang belum pernah berkenalan sebelumnya.

Nah menambah relasi ini kan sangat bermanfaat apalagi ketika sedang dalam kondisi yang darurat dengan mengenal banyak relasi bisa meminta batuan apalagi terkait kesulitan atau kendala yang dirasakan seputar dunia perkuliahan.

BACA JUGA:Wow! Mahasiswa UNY dikabarkan bikin Inovasi Menarik Berbahan Lidah Mertua, Bisa Mengurangi Efek Radiasi Laptop

3. Membuat CV menjadi menarik serta bermanfaat untuk program beasiswa atau saat melamar pekerjaan

Bukan rahasia umum lagi jika memiliki IPK tinggi tidak menjamin seseorang lolos dalam dunia kerja, namun sebagian rekruter juga mempertimbangkan tentang CV yang di cantumkan.

Ketika mengikuti organisasi tentunya akan ada banyak kegiatan yang juga akan diikuti nah dari kegiatan itu nantinya akan bisa ditulis sebagai pengalaman di CV, apalagi kettika berorganisasi akan terbiasa bekerja sama dengan orang banyak, dan terbiasa melakukan pekerjaan dengan sebuah tim.

karena itulah, pengalaman yang ada saat mengikuti organisasi sangat penting ya untuk masuk ke dunia kerja, karena dalam dunia organisasi akan membantu membentuk skill serta potensi yang ada dalam diri sendiri.

BACA JUGA:UKM Mahasiswa Pencinta Alam Bina Darma Peringati Dies Natalis ke-29, Ini Harapannya!

4. Membantu meningkatkan kemampuan komunikasi

Manfaat selanjjutnya yang akan dirasakan ketika mengikuti organisasi saat masa perkuliahan yaitu dapat meningkatkan kemampuan dalam komunikasi.

Hal ini dikarenakan jika mengikuti organisasi maka megikuti rapat juga, sebab sebuah organisasi pasti akan melakukan agenda rapat.

Rapat merupakan makanan sehari-hari bagi anak organisasi, dalam rapat biasanya akan diminta untuk berdiskusi tentang beberapa hal yang dibahas.

BACA JUGA:Sukses, Mahasiswa Baru UBD Palembang Diajarkan Pembentukan Kedisiplinan Saat Ikuti PKKMB 2023

Kemudian biasanya juga akan diminta untuk memberikan pendapat serta saran ketika sedang rapat, selain itu juga dapat memberikan kritik serta mempresentasikan berbagai ide gagasan tentang suatu hal yang dibahas.

Nah, hal-hal tersebut akan bermanfaat juga untuk meningkatkan kemampuan komunikasi serta memiliki soft skill yang wajib dimiliki.

5. Belajar memahami orang lain

Ketika berada dalam sebuah organisasi, maka akan bertemu dengan banyak orang dengan berbagai kebiasaan, latar belakang, pola pikir, nah hal itu akan membuat seseorang menyadari bahwa tidak ada orang yang benar-benar sama, semua orang pasti memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing.

BACA JUGA:Bikin Bangga! Mahasiswa UBD Palembang Borong 3 Medali Emas Cabor Renang Putra Pada Porprov Sumsel 2023

Karena itulah ketika mengikuti organisasi juga akan belajar untuk memahami berbagai karakter tiap-tiap orang yang ada dalam organisasi tersebut.

Memahami orang lain sangat penting loh dalam kehidupan sehari-hari agar dapat menjalin relasi yang baik dengan sesama anggota organisasi atau orang lain.

Terlebih ketika sudah memasuki dunia kerja profesional, seperti menjalankan bisnis bersama client ataupun pekerjaan.

6. Latihan sebelum terjun ke dunia kerja

BACA JUGA:TOP 10 Mahasiswa Sumsel 2023, Ada Tim Inovator Center Universitas Bina Darma Palembang Lho!

Manfaat selanjutnya yang dapat dirasakan dengan mengikuti organisasi yaitu dapat melatih diri sebelum terjun langsung ke dunia kerja.

Saat mengikuti organisasi di kampus ketika melakukan kesalahan dalam suatu tugas maka mungkin akan disuruh untuk mengulangi dan juga memperbaiki perkerjaan.

Nah saat masuk dunia kerja dan mungkin melakukan kesalahan maka akan terbiasa untuk mengulang dan memperbaiki pekerjaan tersebut.

7. Belajar untuk memanajemen waktu

BACA JUGA:MANTAP! Mahasiswa S2 UBD Palembang, Raih Predikat Best Presenter di International Conference

Dengan berorganisasi, maka akan belajar untuk mengatur waktu, kemudian dapat memilih antara kegiatan yang harus menjadi prioritas ataupun kegiatan yang tidak terlalu menjadi prioritas.

Dengan berorganisasi makan akan memacu untuk melakukan hal-hal yang produktif serta akan mengurangi kegiatan-kegiatan yang kurang produktif.

8. Sebagai wadah untuk mengembangkan minat dan juga bakat

Organisasi yang disediakan bagi para mahasiswa di kampus memang sangat beragam. UKM atau unit kegiatan mahasiswa adalah sebuah lembaga yang menyediakan wadah untuk menyalurkan minat serta bakat para mahasiswa.

BACA JUGA:Ratusan Mahasiswa Antusias Ikuti Seminar Pasar Modal Oleh Galeri Investasi BEI Universitas Bina Darma

Di dalam UKM tentunya mempunyai struktur organisasi yang memiliki tujuan untuk mengurus jalannya suatu program kerja, karena itulah dengan menjadi bagian dari kepengurusan UKM sekaligus akan mengembangkan bakat serta mendapatkan pengalaman organisasi yang pastinya akan seru!

Nah, itulah tadi beberapa manfaat yang akan didapatkan ketika menegikuti organisasi saat masa perkuliahan.

Namun tetap perlu diperhatikan ya, jangan sampai organisasi mengganggu konsentrasi saat belajar dalam kelas ya. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: