Wow! Mahasiswa UNY dikabarkan bikin Inovasi Menarik Berbahan Lidah Mertua, Bisa Mengurangi Efek Radiasi Laptop

Wow! Mahasiswa UNY dikabarkan bikin Inovasi Menarik Berbahan Lidah Mertua, Bisa Mengurangi Efek Radiasi Laptop

Tanaman hias lidah buaya.--

SUMEKS.CO - Siapa yang menyangka, ternyata tanaman hias Sansivieria Trifasciata Laurentii atau yang dikenal sebagai lidah mertua bisa diolah menjadi produk yang bermanfaat selain kesehatan.

Baru-baru ini, dikabarkan mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dari Universitas Negeri Yogyakarta (FMIPA UNY), membuat inovasi menarik berbahan tanaman hias lidah mertua.

Dihimpun dari berbagai sumber, Rabu 25 Oktober 2023 para mahasiswa tersebut membuat inovasi yang bermanfaat berupa alat untuk mereduksi radiasi elektromagnetik.

Fungsi utama alat yang dimaksud yakni melindungi dari radiasi elektromagnetik yang dihasilkan oleh laptop dan diberi nama "Laptop Shield".

BACA JUGA:Segudang Manfaat Tanaman Hias Lidah Mertua, Polusi Udara Karhutla Minggat

Bahan dasar utama menciptakan alat "Laptop Shield" menggunakan bahan utama lidah mertua serta dicampur dengan abu sekam padi.

Alasan mahasiswa FMIPA UNY membuat inovasi pelindung radiasi laptop, karena banyak penggunaan laptop dipakai oleh mahasiswa 

Seperti dikatakan ketua tim mahasiswa FMIPA UNY Asma Khoirunnisa mengungkapkan laptop menjadi salah satu penunjang dalam menyelesaikan permasalah terutama bagi mahasiswa.

Menurutnya, laptop memiliki kipas yang disematkan didalam kerangkanya yang dapat mengeluarkan udara panas diatas rata-rata.

BACA JUGA:Waspada! Jangan Tanam 7 Tanaman Ini di Pekarangan Rumah, Menurut Feng Shui Bikin Rezeki Mampet

Akan menimbulkan efek berbahaya bagi pengguna akibat paparan udara panas pembuangan dari Medan radiasi elektromagnetik laptop.

Diterangkannya, dari meningkat drastis ya pemakaian laptop bagi pelajar dan mahasiswa, peneliti menyadari bahwa hal ini menjadi masalah kesehatan yang krusial.

"Oleh sebab itulah permasalahan tersebut sangat menarik untuk dikaji lebih lanjut," jelas Asma Khoirunnisa.

Pembuatan laptop Shield dibeberkan Khoirunnisa diawali dengan melakukan ekstraksi daun dari tanaman hias lidah mertua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: