Pempek, Makanan Asli Palembang Bukan dari Cina

Pempek, Makanan Asli Palembang Bukan dari Cina

Pempek Kapal Selam, masakan khas Palembang. --dok : sumeks.co

BACA JUGA:Pempek Panggang, Kuliner Palembang yang Proses Masaknya Menggunakan Bara Api

Lalu Tahun 2014 menurutnya melalui usulan Balitbangnovda Sumsel, pempek sudah diakui oleh pemerintah Indonesia melalui Kemendikbud sebagai warisan budaya tak benda Indonesia.

“Apalagi sagu sudah menjadi bekal Sriwijaya, panganan yang mencampurkan sagu dengan ikan, kemudian itu kelesan namanya dan masakan itu dibuat orang Palembang dan perempuan orang Palembang itu sore-sore ini buat makanan, pempek dan lain paling tidak godo-godo untuk panganan di rumah, awalnya tidak untuk dijual,” katanya

Sementara, Rd Muhammad Ikhsan yang merupakan Dosen Universitas Sriwijaya (Unsri) yang juga pengamat sejarah Kota Palembang melihat ada cerita Pempek yang salah. 

Diceritakan ada apek yang keliling Kota Palembang naik sepeda di tahun 1650, padahal pada waktu itu Palembang belum sampai Jendral Sudirman masih berada di sekitar Kuto Gawang (PT Pusri dan sekitarnya) .

BACA JUGA:Warung Terapung di Tepian Sungai Musi Sajikan Makanan Khas Palembang

“Jalan kemana-mana lewat lewat perahu, jalan sebelum Tengkuruk, pertama dibuat 1924, dimana ada sungai, yang lebih fatal waktu itu belum ditemukan sepeda , dengan ini kita bercerita dan menjadi keyakinan kita bersama,” katanya.

Selain itu menurutnya, yang menjual kelesan atau pempek itu diakuinya memang dijual orang Tionghoa. Sampai 1859 pempek itu masih makanan rumahan saja dan orang Tionghoa memiliki rasa komersial yang tinggi.

"Mereka menjual pempek itu dan menurut cerita M Akib pertama kali pempek dijual di sekitar daerah Jalan Tengkuruk  oleh orang Tionghoa, namun lokasi pastinya hanya Allah yang tahu ,” katanya.

Sejarawan Sumsel Sedangkan  Kemas Ari Panji, SPd, MSi, menilai pempek berasal dari kelesan.

Dimana kelesan asalnya dari Palembang kemudian di populerkan oleh orang China melalui perdagangan yang dipanggil apek sehingga menjadi pempek.

BACA JUGA:Menu Sarapan Pagi Khas Palembang yang Paling Dicari

“Jadi generasi muda jangan tahunya pempek,  nama asli pempek itu Kelesan, dan macam-macam Kelesan banyak tergantung bentuk, yang keriting namanya kerupuk, yang panjang seperti tangan namanya pempek lenjer, yang masak nyemplung namanya pempek kapal selem, kalau dia dibakar namanya pempek tunu,“ katanya.(*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: