Begini Nasib Ribuan Pelamar PPPK di Sumsel, Lolos Seleksi 2021 Belum Diangkat

Begini Nasib Ribuan Pelamar PPPK di Sumsel,  Lolos Seleksi 2021 Belum Diangkat

ASN Palembang saat apel bersama di BKB Palembang (foto;dok sumeks.co)--

Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinkes OKU Lukman Hakim SKM MKes mengatakan, pihaknya sudah menanyakan langsung ke Kemenkes.

“Yang digunakan untuk aplikasi SisDMK Kemenkes usulan yang masuk 1 April 2022,” ujarnya. 

Portal itu ditutup 31 Mei 2022. OKU tidak terdata karena baru memutuskan akan menerima PPPK pada Juli 2022. Ada 5 kabupaten / kota di Indonesia yang dikabarkan menunda perekrutan atau pengadaannakes PPPK dari 2022 menjadi 2023.

Yakni Kabupaten Pontianak, Badung, Jaya Wijaya, Labuhan Bajo dan Baturaja. Kabid Pengadaan Penilaian Kinerja Pemberhentian dan Informasi BKPSMD OKU, Hj Ari Susanti SH MH menyampaikan, saat ini belanja pegawai sudah mencapai 41 persen dari APBD.

 “Kita memang awalnya tidak merencanakan buka penerimaan PPPK. Baru Juli 2022 memutuskan untuk menerima,” jelasnya. 

Untuk nakes, dengan kendala portal SisDMK Kemenkes, maka berpengaruh dengan usulan 249 PPPK. 

Padahal sudah disiapkan perangkat, proses pengadaannya. “Meski PPPK untuk nakes kemungkinan ditunda pada 2023, tapi untuk bidang pendidikan tetap berjalan tahun ini.

Secara nasional, pemerintah memiliki pekerjaan rumah (PR) menggunung terkait pengangkatan guru non ASN.

Bukan hanya perkara seleksi tahun ini, tapi juga utang hasil seleksi PPPK 2021. Tahun lalu tercatat 293.860 pelamar yang lolos seleksi 2021 dan mendapat formasi. Tapi masih ada 15.415 (sekitar 5,2 persen) yang masih belum diangkat pemda.

Padahal, nomor induk (NI) PPPK-nya sudah terbit.

”Jangan dilihat hanya 5,2 persen, tapi ini nasib guruguru kita,” ujar Plt Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek, Nunuk Suryani. 

Selain itu, masih ada 5.312 (1,8 persen) dalam yang hingga kini NIPPPKnya tak kunjung rampung. Dalam proses verifikasi dan validasi bersama pemda. Tak banyak yang bisa dilakukan Kemendikbudristek.

Mengingat, PPPK guru ini jadi berada di bawah pemda. Nunuk mengaku sudah dua kali bersurat para kepala daerah terkait masalah ini agar bisa segera diselesaikan. Selain itu, dana untuk para guru PPPK yang lolos seleksi ini sudah uang sudah dianggarkan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

”Masalah ini sungguh membuat kami prihatin,” katanya.

PR lainnya menyangkut 193.954 orang peserta yang lolos seleksi PPPK 2021 namun tak dapat formasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: