Pemkab Muratara Akan Gelontorkan Paket Sembako Murah, Atasi Kenaikan Harga

Pemkab Muratara Akan Gelontorkan Paket Sembako Murah, Atasi Kenaikan Harga

Transaksi jual beli di Pasar Lawang Agung, Muratara, Senin, 17 Oktober 2022.-Zulkarnain-

MURATARA, SUMEKS.CO - Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Pasar (Disperindagkop), siap paket sembako murah.

Sembako murah itu, rencananya akan dibagikan secara serentak ke warga di tujuh kecamatan, tujuh kelurahan dan 82 desa di Muratara.

 "Kami masih persiapan untuk menyalurkan paket sembako murah, nanti dilakukan serentak diawal November mendatang," kata kepala Disperidagkop Muratara, Susanto Tunut, Senin, 17 Oktober 2022.

Paket sembako murah ini, berisi gula 1 Kg, minyak goreng 1 liter dengan harga Rp20 ribu/paket. Khusus beras murah, akan disalurkan komite CSR. 

BACA JUGA:RSUD Rupit Muratara Siapkan Pelayanan Kejiwaan

"Kita kalkulasi dulu jumlah beras yang akan disalurkan berapa banyak, mungkin tidak seluruh wilayah disalurkan mengingat produknya terbatas," timpalnya.

Menurutnya, sembako murah itu akan menyasar langsung desa yang terdampak inflansi. Seperti daerah pelosok yang jauh dari jangkauan diwilayah Rawas Ilir, Ulu Rawas dan lainnya.

Satu desa diperkirakan akan mendapat sekitar 500 paket sembako murah, disalurkan melui pihak kecamatan dan kepala desa. 

"Untuk menebusnya nanti warga bisa mendatangi kepala Desa, karena ini subsidi jadi orang dengan kriteria tertentu yang dapat," ucapnya.

BACA JUGA:73 Warga Muratara Terjangkit Demam Berdarah Dengue

Sementara itu, sejumlah harga sembako di Muratara, saat ini cukup stabil. 

Mariam, pedagang di Pasar Lawang Agung, menuturkan sejumlah harga pangan saat ini cukup normal dan tidak ada kenaikan maupun penurunan  yang drastis.

Beras selincah Rp13 ribu/liter, minyak 15 ribu/liter, Telur Rp48 ribu/ karpet, tepung terigu Rp10 ribu/Kg, bawang merah Rp35 ribu/Kg, bawang putih Rp38 ribu/Kg, cabai merah Rp60 ribu/Kg, sayuran Rp6 ribu/kg, kacang merah Rp28 ribu/Kg, gula putih Rp14 ribu/kg, ikan asin Rp60 ribu/kg, daging sapi Rp140 ribu/Kg.

Pedagang mengaku, untuk daya beli masyarakat saat ini cukup stabil, karena masih banyak warga yang berbelanja ke pasar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: