Kemenkumham Babel Selenggarakan Mobile Intellectual Property Clinic (MIC) 2024, Ini Tujuannya

Kemenkumham Babel Selenggarakan Mobile Intellectual Property Clinic (MIC) 2024, Ini Tujuannya

Kegiatan Mobile Intellectual Property Clinic (MIC) atau Klinik Kekayaan Intelektual Bergerak yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung di Hotel Santika Pangkalpinang pada Jumat, 26 Juli 2024, bertujuan un--

Mobile Intellectual Property Clinic saat ini sudah memasuki tahun ke-3,  dengan harapan bahwa kekayaan intelektual menjadi salah satu poros yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi khususnya di Bangka Belitung. 

"Penyelenggaraan Mobile IP Clinic di Bangka Belitung dari tahun 2022 s.d. tahun 2024 (25 Juli 2024), terdapat 1.508 permohonan kekayaan intelektual (Merek Paten, Desain Industri dan Hak Cipta) dengan kenaikan rata-rata selama 3 tahun tersebut di angka 20% setiap tahunnya," jelasnya.

BACA JUGA:Konflik Pengrusakan Stiker dan Papan Pengumuman di Cinde Berlanjut, Kuasa Hukum Ini Dilaporkan ke Polisi

BACA JUGA:Detik-Detik Menegangkan Api Ludeskan Pondok Dogan Beserta Isinya di Ogan Ilir, Berawal dari Gas yang Meledak

Narasumber dalam kegiatan ini yaitu Analis Kebijakan Ahli Muda pada DJKI Kemenkumham, Aulia Andriani Giartono yang menyampaikan materi terkait Pelindungan dan Pemanfaatan KIK, dan Analis Kekayaan Intelektual Ahli Muda pada DJKI, Dian Sapei Nugroho yang membahas Merek Kolektif.

Narasumber lainnya yaitu Pemeriksa Paten Pertama DJKI, Muhammad Auwalin Rahmana, yang menjelaskan pengenalan paten.

Tidak hanya itu, Kanwil Kemenkumham Babel juga menghadirkan Tim Expert dari Direktorat Merek dan Indikasi Geografis dalam kegiatan Coaching Clinic Drafting Indikasi Geografis.

Dalam sesi tersebut, turut membahas persiapan dokumen IG, baik dari sisi lampiran Uji laboratorium, kode keterunutan, deskripsi terkait faktor manusia hingga validasi untuk nama IG yang diangkat.

BACA JUGA:Ribuan Ikan Mati Mendadak di Sungai Pedamaran OKI, Warganet Mengira Penyebabnya Karena Limbah

BACA JUGA:Fakta Baru, Mungkinkah Geng Motor Aniaya, Rudapaksa dan Menghabisi Vina dan Pacarnya Eki Hanya Belasan Menit?

Adapun untuk potensi IG Madu Pelawan Namang Bangka Tengah sudah masuk ke tahap publikasi sehingga tnggal menunggu Tim Ahli IG untuk melanjutkan ke tahap Pemeriksaan Subtantif.

Hadir dalam kegiatan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kemenkumham Babel, Dr. Fajar Sulaeman Taman, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Kunrat Kasmiri,  Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Babel, Dr. Suprapti, Kasi Kamnegtibum Bid Pidum, Mila, Kepala Bidang Hukum Polda Babel, Kombes Pol. Afner Juwono, Kasilog Kasrem 045/Gaya, Kolonel Cba Imam Bowo Laksono, Kepala Biro Hukum Provinsi Babel, Harpin, Kepala Dinas Setda Provinsi Babel.

Lalu Kepala Lapas Pangkalpinang, Badarudin, Kepala Lapas Narkotika Pangkalpinang, Nur Bambang, dan Kepala Bapas Pangkalpinang, Andriyas.

Hadir juga para Peserta Kegiatan Mobile Intellectual Property Clinic Tahun 2024 berjumlah 100 orang yang terdiri dari Instansi Pemerintahan, Kepala Desa, Perguruan Tinggi, MPIG dan UMKM di Pangkalpinang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: