Berbelit-Belit di Persidangan, Saksi Amiri Aripin Eks Bendum KONI Sumsel Bikin Hakim Geram

Berbelit-Belit di Persidangan, Saksi Amiri Aripin Eks Bendum KONI Sumsel Bikin Hakim Geram

Berbelit-Belit di Persidangan, Saksi Amiri Aripin Eks Bendum KONI Sumsel Bikin Hakim Geram--

PALEMBANG, SUMEKS.CO,- Mantan Bendahara Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumsel Amiri Aripin, berikan keterangan berbelit-belit saat dihadirkan sebagai saksi sidang kasus korupsi dana hibah menjerat terdakwa Hendri Zainuddin.

Hingga membuat majelis hakim Tindakan Pidana Korupsi (Tipikor) PN Palembang dalam sidang yang digelar Senin 10 Juni 2024, sedikit murka saat mendengar keterangan berbelit dari saksi Amiri tersebut.

Dipersidangan kemarin, saksi Amiri Aripin nampak terlihat gusar saat dicecar pertanyaan terkait syarat dan mekanisme pencairan dana hibah KONI Sumsel tahap pertama senilai Rp12,5 miliar.

Saksi Aripin memberikan keterangan dengan bercerita panjang lebar, saat dirinya masih menjabat sebagai Bendum KONI Sumsel terutama untuk kegiatan Cabor Dan PON Papua.

BACA JUGA:Saksi Amiri Mantan Bendum KONI Sumsel Sebut Pencairan Dana Hibah Penuh Intervensi

BACA JUGA:HZ Samakan Anggaran Hibah KONI dengan Kasus Masjid Sriwijaya, Hingga Sebut Amiri Lari Dari Tanggung Jawab

Mendengar cerita itu, majelis hakim diketuai Efiyanto SH MH sedikit kesal karena dinilai saksi Amiri berbelit-belit memberikan keterangan.

"Jawab saja apa yang ditanya, dari tadi hanya bercerita panjang lebar, kalau tidak tahu jawab tidak tahu, bikin spaning aja saksi ini," tegas hakim ketua Efiyanto dengan nada meninggi.

Awalnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK hendak mendalami terkait mekanisme pencairan dana hibah KONI Sumsel tahun 2021, yang mana dirinya dipaksa untuk mencairkan dana hibah pada anggaran induk Rp12,5 miliar.

Namun ketika ditanya soal syarat-syarat pencairan dana hibah KONI Sumsel tersebut, Amiri menjelaskan dengan kalimat panjang lebar yang dianggap tidak substansial dengan pertanyaan jaksa.

BACA JUGA:Giliran Amiri Aripin Penuhi Panggilan Sidang Kasus Korupsi KONI Sumsel 2021, Blak-Blakan kah?

BACA JUGA:Kuasa Hukum Tersangka Hendri Zainuddin 'Melawan', Berjanji Bakal Lakukan Pembelaan Semaksimal Mungkin

Hakim langsung memotong pertanyaan jaksa dan mengingatkan kepada saksi Amiri Aripin untuk tidak bertele-tele dalam memberikan jawaban terkait syarat-syarat pencairan dana hibah tersebut. 

"Anda tahu tidak, yang ditanyakan jaksa itu apa saja syaratnya. Kalau anda tahu jawab apa saja syaratnya, itu kan tugas anda sebagai bendahara KONI. Jangan anda bercerita panjang lebar disini," tegas hakim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: