Kabar Gembira! Pj Bupati Apriyadi Cairkan Bantu Umak Tahap Pertama

Kabar Gembira! Pj Bupati Apriyadi Cairkan Bantu Umak Tahap Pertama

Pj Bupati Apriyadi Mahmud menandai awal pencairan program Bantuan Tunai untuk Masyarakat Miskin (Bantu Umak) tahap pertama di tahun 2024, Kamis 14 Maret 2024.--

MUBA - Awal Ramadhan 1445 H membawa angin segar bagi ribuan emak-emak pra sejahtera ekstrem di Kabupaten Muba.

Pj Bupati Apriyadi Mahmud menandai awal pencairan program Bantuan Tunai untuk Masyarakat Miskin (Bantu Umak) tahap pertama di tahun 2024, Kamis 14 Maret 2024.

Bantuan ini diperuntukkan bagi masyarakat miskin kategori Desil I, yang meliputi periode Januari-Februari.

Pencairan ini merupakan kabar gembira bagi para penerima manfaat, khususnya emak-emak pra sejahtera ekstrem di Kabupaten Muba.

Bantuan ini diharapkan dapat membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan pokok dan meringankan beban ekonomi selama bulan Ramadhan.

Berdasarkan data terbaru, angka kemiskinan ekstrem di Muba turun drastis hingga mencapai 0.9 persen. Angka ini jauh di bawah angka sebelumnya yang mencapai 4.7 persen.

Pencapaian luar biasa ini menunjukkan komitmen dan kerja keras Pj Bupati Apriyadi Mahmud dalam memerangi kemiskinan di Muba.

Program Bantu Umak, yang diluncurkan pada tahun 2023, terbukti efektif dalam membantu masyarakat miskin, khususnya para ibu-ibu (emak-emak).

"Kami sangat senang, uangnya bisa memenuhi kebutuhan sembako di bulan puasa," ungkap Arnita (45) warga Kayuara salah satu emak-emak penerima Bantu Umak di sela Pembukaan Penyaluran Program Bantuan Sosial Bantu Umak Tahun 2024 di Kantor Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Sekayu, Kamis 14 Maret 2024. 

Ia mengaku, program bantu umak yang dicanangkan Bupati Apriyadi Mahmud sangat meringankan beban dirinya dan keluarga sejak tahun 2023 lalu. 

"Kami sangat bersyukur, berkat bantuan ini kebutuhan keluarga kami sehari-hari bisa terpenuhi dengan sangat baik," ucapnya. 

Senada diungkapkan Maimunah (59), ia menyebutkan pencairan bantu umak selama dua bulan Januari-Februari sebesar Rp650 ribu yang diterima tersebut sangat bermanfaat dan meringankan beban saat menjalankan ibadah puasa. 

"Kami terima kasih kepada pak Apriyadi, bantuan ini cair di waktu yang tepat saat bulan puasa. Kami bisa beli sembako dan kebutuhan sehari-hari lainnya," tuturnya. 

Ia mengaku, untuk melakukan proses pencairan sangat mudah dan dibantu penuh oleh pihak Bank. "Bantuan ini sangat mudah dicairkan, prosesnya cukup antrian di bank dan semuanya dibantu oleh pihak Bank," ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: