Fun Fact Sejarah Pembangunan Ibu Kota Dakwah di Afrika Utara Pada 2 Ramadhan 51 Hijriyah

Fun Fact Sejarah Pembangunan Ibu Kota Dakwah di Afrika Utara Pada 2 Ramadhan 51 Hijriyah

ilustrasi pembangunan ibu kota dakwah islam di Afrika Utara--

SUMEKS.CO - Menolak lupa, fakta sejarah pembangunan Ibu Kota dakwah di Afrika Utara pada 2 ramadan 51 Hijriah yang banyak dilupakan umat Islam.

Pembangunan IKN (Ibu Kota Nusantara) mengingatkan kembali pada fakta sejarah pembangunan Ibu Kota Dakwah di Afrika Utara yang dimulai pada 2 Ramadhan 51 Hijriyah.

Pembangunan ibu kota dakwah ini menjadi awal penyebaran dakwah islam terutamanya di Afrika Utara yang kemudian ibu kota tersebut diberi nama Kairouan (Qairawan).

Kota tersebut dibangun oleh seorang pejuang besar dan gagah berani bernama Uqbah bin Nafi’ rahimahullah dan Kairouan kini menjadi bagian dari Tunisia.

Wilayah Afrika Utara memiliki akar peradaban yang sangat panjang umurnya terlebih dalam perjuangan masuknya dakwah islam ke wilayah tersebut.

BACA JUGA:Arti Ajaran & Sejarah Aliran Sunni dalam Agama Islam, Berikut 7 Negara dengan Populasi Penganut Terbanyak

BACA JUGA:Tadabbur Sejarah di Ramadhan Pertama, Kisah Tragis Ketika Pasukan Mongol Menghancurkan Kota Bukhara

Afrika Utara sendiri ialah kawasan antara Gurun Sahara dan Laut Mediterania, wilayah ini membentang dari Pantai Atlantik hingga ke Laut Merah.

Negara yang termasuk menjadi bagian dari Afrika Utara dari barat ke timur diantaranya ialah Maroko, Aljazair, Libya, Tunisia dan Mesir.

Sejarah dakwah Islam di Afrika Utara dimulai sejak masa Khulafaur Rasyidin, tepatnya pada masa Umar bin Khattab (634-644M).

Umar bin Khattab mengutus Amru bin Ash untuk menguasai Mesir yang kemudian secara sistemik dilanjutkan pengembangannya oleh dinasti-dinasti yang berkuasa kemudian.

BACA JUGA:Begini Sejarah Awal Mula Kurma Tumbuh Subur di Israel hingga Diboikot Karena Konflik dengan Palestina

BACA JUGA:Sejarah Awal Umat Islam Jalani Kewajiban Puasa: Hanya Boleh Makan & Minum Setelah Berbuka Sampai Salat Isya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: