Kontribusi Bizantium Terhadap Munculnya Renaisans yang Berdampak Signifikan Terhadap Barat

Kontribusi Bizantium Terhadap Munculnya Renaisans yang Berdampak Signifikan Terhadap Barat

Wilayah kekuasaan kekaisaran Romawi kuno, zaman Bizantium.--net

SUMEKS.CO - Kontribusi Bizantium terhadap teknologi, filsafat, ilmu pengetahuan, seni, dan arsitektur sangat berlimpah. Di antara semuanya mencakup juga  penemuan dan inovasi.

Bizantium merupakan salah satu peradaban terpenting dalam sejarah Barat. Kekaisaran Bizantium berperan sangat sentral terhadap peradaban Barat sekaligus memiliki pengaruh besar terhadap Eropa dan Amerika yang sangat signifikan.

Berikut kontribusi besar Kekaisaran Bizantium terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi :

1. Metode Komunikasi Antar Wilayah Fase Awal

BACA JUGA:Diplomasi Kekaisaran Bizantium! Upaya Negara Adi Kuasa Dalam Melanggengkan Kekuasaannya Terhadap Dunia

Komunikasi antar wilayah sangat penting untuk sebuah negara. Komunikasi yang melintasi wilayah kekaisaran diperlukan baik untuk diplomasi maupun administrasi. 

Selama abad ke-9 Masehi, Bizantium memiliki metode komunikasi saur yang dirancang oleh Leo sang Matematikawan, pada masa pemerintahan Kaisar Theophilos (829–842). 

Kebangkitan Romawi dari sebuah negara yang hampir punah menjadi sebuah kerajaan besar tak pelak memerlukan metode komunikasi yang dapat diandalkan dan cepat dengan para gubernur di provinsi-provinsi yang jauh. 

Kebutuhan ini dipenuhi oleh cursus publicus, layanan kurir kekaisaran Romawi dan sistem pos paling berkembang di dunia kuno. 

BACA JUGA:8 Fakta Menarik Tentang Kekaisaran Bizantium, Nomor 7 Sudah Dikabarkan Melalui Hadits

Dengan menggunakan tahapan estafet (ditetapkan pada interval yang sesuai di sepanjang jalan-jalan besar kekaisaran) merupakan bagian integral dari sistem militer dan administrasi yang kompleks. 

Kecepatan perjalanan utusan tidak dapat disaingi di Eropa hingga abad ke-19 : diklaim bahwa lebih dari 270 km dapat ditempuh dalam sehari semalam.

2. Alat Perang yang Tiada Duanya

Api Yunani merupakan senjata pembakar yang digunakan oleh Kekaisaran Bizantium, dan api ini memainkan peran penting dalam pertahanan kekaisaran dari serangan awal Rusia, Arab. 

BACA JUGA:Siapa Mush'ab Bin Umair? Tuan Muda yang Mejadi Delegasi Islam Pertama di Madinah

Diciptakan oleh Callinicus, api Yunani adalah senjata angkatan laut yang menyerupai penyembur api modern, dan digunakan untuk membakar kapal musuh. 

Komposisi pastinya merupakan rahasia kekaisaran yang dijaga ketat, dan masih belum diketahui sampai sekarang.

Senjata Trebuchet Tangan

Alat pelontar yang dipasang di tiang menggunakan mekanisme tuas untuk mendorong proyektil, digunakan oleh pasukan Kaisar Nicephorus Phocas dalam kampanyenya untuk mengganggu garis musuh.

BACA JUGA:Waspada dan Stay Halal! Yuk Ketahui Skema Tubuh Babi dan Penggunaan Daging Babi di Era Modern

Senjata Trebuchet Penyeimbang 

Senjata trebuchet penyeimbang jauh lebih kuat daripada trebuchet traksi normal, digunakan oleh Kaisar Alexios I Komnenos, dan konon hal itu mengesankan sekutu tentara salibnya selama pengepungan Nicea.

Perannya adalah menghancurkan bangunan dalam jarak yang jauh.

3. Arsitektur

Bizantium faktanya telah mengembangkan bentuk-bentuk baru dalam perkembangan gaya arsitektur dunia.

BACA JUGA:Mau Punya Anak Hafal Qur’an Sejak Dini? Ikuti 9 Tips Mudahnya Mendidik Anak Menjadi Hafidz/Hafidzah

Bentuk tata letak bersilangan :

Bangunan ini memiliki pusat berbentuk persegi dengan struktur bagian dalam berbentuk salib dan di atasnya terdapat kubah. Tata letak ini digunakan di gereja-gereja Ortodoks Yunani selama 1.000 tahun.

Kubah pendentif :

Kubah melingkar yang ditempatkan di atas ruangan persegi. Contoh kubah gantung yang pertama (dan paling terkenal) adalah Hagia Sophia, yang dirancang oleh Isidore dari Miletus.

BACA JUGA:8 Fakta Menarik Tentang Kekaisaran Bizantium, Nomor 7 Sudah Dikabarkan Melalui Hadits

Jembatan lengkung runcing :

Ini merupakan arsitektur jembatan yang bertumpu pada sebuah lengkungan runcing. Model ini muncul pada abad ke-5 Masehi dan para arsitek dari Bizantium-lah yang mengenalkannya.

Kekaisaran Bizantium nyatanya telah mempunyai pengaruh sangat signifikan terhadap seni dan arsitektur Eropa. Seni Bizantium, yang menampilkan mosaik dan lukisan dinding yang rumit, berpengaruh dalam perkembangan seni Renaisans. 

Arsitektur Bizantium yang menampilkan kubah serta kubah juga berpengaruh dalam perkembangan arsitektur Gotik.

BACA JUGA:Recharge Iman dengan Dzikir Al-Ma’tsurat Pagi Petang, Dzikir Penyempurna Nikmat

4. Badan Hukum dan Fasilitas Kehidupan Sehari-hari

Kode Justinian atau Corpus Juris Civilis adalah kumpulan keputusan hukum dari abad-abad sebelumnya, dan kesepakatan untuk membentuk suatu badan hukum definitif. 

Dalam pembuatan hukum, Kekaisaran Bizantium melanjutkan tradisi hukum Romawi kuno, sambil melakukan revisinya sendiri yang disesuaikan dengan masyarakatnya.

Hukum-hukum yang dibuat dan diterapkan di masa kekaisaran Bizantium memberi sumbangsih dalam menjadikannya prototipe hukum di zaman modern sekarang ini.

BACA JUGA:Hari Ini! Peringatan 28 Tahun Kesyahidan Komandan Insinyur Pertama Brigade Al-Qassam, Yahya Ayyash

Bizantium juga membangun rumah sakit, yaitu sebuah ruang umum dan permanen untuk perawatan medis. 

Setelah Konsili Nicea pertama pada tahun 325 Masehi, dipimpin oleh Konstantinus I, pembangunannya dimulai di setiap tempat yang memiliki katedral.

Kemudian dibuat juga pabrik kapal yang diperkenalkan oleh Jenderal Belisarius selama Pengepungan Roma (537/538) karena Ostrogoth telah memutus pasokan air melalui saluran air. Pabrik kapal adalah kincir air yang dibangun di atas platform terapung. Aliran air memutar roda dan ini kemudian menghasilkan gaya yang dapat diterapkan untuk menggiling gandum. 

5.Bangsa Bizantium Melestarikan Banyak Tulisan Yunani Kuno.

BACA JUGA:5 Golongan Manusia yang Apabila Berdoa Lagsung Allah Kabulkan, Doanya Makbul Tiada Penghalang

Tulisan para pemikir Yunani kuno seperti Plato, Ptolemy dan Galen mungkin saja hilang dari muka bumi andai saja kekaisaran Bizantium tidak melestarikannya. 

Meskipun sering kali menentang apa yang disebut sebagai gagasan “pagan”, namun para penulis Bizantium dengan bijaksana menyalin naskah-naskah kuno yang sudah rusak.

Perpustakaan-perpustakaan di Konstantinopel menjaga teks-teks Yunani dan Romawi yang perlahan-lahan menghilang di Barat. 

Diperkirakan bahwa dari semua manuskrip Yunani kuno yang bertahan hingga zaman modern ini, lebih dari dua pertiganya diturunkan oleh Bizantium.

BACA JUGA:Pemimpin Pemuda Surga, Keistimewaan Cucu Nabi SAW dan Kisah Menyedihkan dari Kecemburuan Husain Kepada Hasan

6. Sarjana Yunani dan Renaisans Italia

Jatuhnya Konstantinopel dan sisa wilayah Bizantium menyebabkan membanjirnya pengungsi yang melakukan perjalanan ke Eropa dan khususnya Eropa Barat. 

Banyak yang menetap di Italia pada akhirnya. Pengungsi tersebut adalah para sarjana. Pengungsi ini termasuk ahli tata bahasa, humanis, penyair, penulis, percetakan, dosen, musisi, astronom, arsitek, juru tulis, filsuf, ilmuwan, politisi, dan teolog. 

Para akademisi itu membawa serta manuskrip dari perpustakaan Konstantinopel dan kota-kota Bizantium lainnya yang hancur. 

BACA JUGA: Dihyah Al-Kalbi, Sahabat Nabi yang Wajahnya Ditiru Oleh Malaikat Jibril Karena Ketampanannya

Sebelum abad ke-15 Masehi, humanis Italia sibuk mempelajari retorika. Mereka tidak terlalu tertarik dengan spekulasi metafisik. Namun, hal ini berubah dengan diperkenalkannya, untuk pertama kalinya karya lengkap Plato. 

Dialog-dialog filsuf Athena abad ke-5 Masehi mengubah pandangan banyak humanis di Italia.

Di Florence misalnya, karya-karya Plato mengarah pada perkembangan aliran filsafat neo-Platonis. Pengenalan pemikiran Plato menyebabkan fokus yang lebih besar pada spekulasi metafisik daripada spekulasi etis. 

BACA JUGA:Mau Tahu Bagaimana Ciri Penghuni Surga Menurut Alquran? Berikut 8 Tanda yang Nampak Jelas di Dunia

Para sarjana Yunani juga membawa salinan asli karya Aristoteles. Akhirnya banyak sarjana Italia lebih menekankan pada observasi dan eksperimen dan hal ini membantu mendorong pertumbuhan ilmu pengetahuan di Italia saat ini.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: