Hari Ini! Peringatan 28 Tahun Kesyahidan Komandan Insinyur Pertama Brigade Al-Qassam, Yahya Ayyash

Hari Ini! Peringatan 28 Tahun Kesyahidan Komandan Insinyur Pertama Brigade Al-Qassam, Yahya Ayyash

Almarhum Yahya Abd-al-Latif Ayyash --net

SUMEKS.CO - Hari ini tanggal 5 Januari 2024 adalah peringatan 28 tahun meninggalnya komandan pertama Brigade Al-Qassam Yahya Ayyash.

Yahya Ayyash memiliki nama lengkap Yahya Abd-al-Latif Ayyash yang lahir pada 6 Maret 1966 dan wafat pada 5 Januari 1996. 

Lahir di Rafat, Tepi Barat, Yordania, Yahya Ayyash wafat di Beit Lahia, Jalur Gaza di usia 29 tahun. 

Yahya Ayyash merupakan kepala pembuat bom pada militer Hamas dan pemimpin batalion Brigade Izz ad-Din Al-Qassam di Tepi Barat.

BACA JUGA:Abu Ubaidah Hamas ke Abu Ubaidah Bin Jarrah, Mengenang Kisah Heroik Pahlawan Besar Pembebas Baitul Maqdis

Beliau dijuluki sebagai insinyur karena memiliki keahlian membuat bom dan merupakan lulusan dari Universitas Birzeit. 

Dia berjasa memajukan teknik bom bunuh diri dalam konflik Israel-Palestina dan atas pemboman yang dilakukan menyebabkan kematian sekitar 90 warga Israel.

Merupakan anak sulung dari tiga bersaudara, ia merupakan anak yang shaleh dan pernah menerima penghargaan dari Islamic Trust karena telah menghafal Al-Qur’an.

Yahya Ayyash yang merupakan anak laki-laki menunjukkan bakat dalam pekerjaan listrik dan mekanik, ia pandai memperbaiki radio hingga televisi.

BACA JUGA:100 Tahun Kebangkitan Islam dan Hancurnya Israel Tahun 2024, Mujadid Pembawa Kedamaian akan Datang 

Pada tahun 1985, setelah lulus SMA Yahya Ayyash masuk ke Universitas Birzeit pada tahun 1987 dan menerima gelar sarjana sains dalam bidang teknik elektro tahun 1991. 

Yahya Ayyash merupakan orang yang berpendidikan tinggi, ambisius dan bersuara lembut dan berasal dari keluarga yang cukup kaya. 

Setelah itu, Yahya Ayyash menikah dan memeiliki satu anak. Disaat itu Yahya Ayyash berencana melanjutkan pendidikan untuk mendapatkan gelar master di Yordania. 

Akan tetapi Yahya Ayyash tidak mendapatkan izin dari pihak otoritas Israel dan Yahya Ayyash memutuskan untuk bergabung dengan Hamas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: