Dihyah Al-Kalbi, Sahabat Nabi yang Wajahnya Ditiru Oleh Malaikat Jibril Karena Ketampanannya

 Dihyah Al-Kalbi, Sahabat Nabi yang Wajahnya Ditiru Oleh Malaikat Jibril Karena Ketampanannya

Ilustrasi--net

SUMEKS.CO - Dihyah Al-Kalbi merupakan salah satu sahabat yang namanya memang tidak sepopuler Abu Bakar Ash-Shiddiq maupun Umar bin Khattab.

Sahabat Nabi ini memiliki keistimewaan dimana memiliki wajah yang tampan rupawan bahkan ditiru oleh malaikat Jibril. 

Awwanah bin Al-Hakam berkata, “Manusia yang paling tampan rupanya, ialah seseorang yang malaikat Jibril datang dalam bentuk rupanya ialah Dihyah”.

Dihyah Al-Kalbi merupakan salah satu seorang sahabat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang cukup mahsyur.

BACA JUGA:Pemimpin Pemuda Surga, Keistimewaan Cucu Nabi SAW dan Kisah Menyedihkan dari Kecemburuan Husain Kepada Hasan

Dihyah dikaruniai oleh Allah SWT sebuah keutamaan yang tidak dimiliki oleh sahabat lain yaitu dirinya sering diserupai oleh malaikat Jibril. 

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam seringkali didatangi oleh malaikat Jibril dalam wujud Dihyah Al-Kalbi. 

Hal ini diriwayatkan Imam An-Nasa’i dengan sanad yang shahih dari Yahya bin Ya’mur dari Ibnu Umar :

“Malaikat Jibril mendatangi Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam rupa Dihyah Al-Kalbi”

BACA JUGA:Khadijah Binti Khuwailid, Wanita Teragung Sejagat Raya yang Mendapat Salam dari Allah SWT

Dari Jabir Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pun pernah bersabda ;

“Telah diperlihatkan kepadaku para nabi, maka aku melihat Musa adalah seorang laki-laki yang kuat, seakan-akan dia adalah lelaki dari Syanu’ah. Dan aku melihat Isa bin Maryam, dan yang paling mirip dengannya di antara yang pernah aku lihat, adalah Urwah bin Mas’ud. Dan aku melihat Ibrahim, dan yang paling mirip dengannya diantara yang pernah aku lihat ialah sahabat kalian (diri beliau sendiri) dan aku pun melihat Jibril, dan yang paling mirip dengannya diantara yang pernah aku lihat adalah Dihyah” HR. Muslim. 

Tidak hanya itu saja, terdapat riwayat lain yaitu dari Abu Utsman, ia berkata, “Telah diberitakan kepadaku bahwa malaikat Jibril datang kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan Ummu Salamah sedang bersama dengan beliau. Maka, dia pun berbicara lantas berdiri, sehingga Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam pun berkata kepada Ummu Salamah, “Siapakah ini?”, lantas Ummu Salamah pun berkata : “Ini adalah Dihyah”. Ummu Salamah berkata, “Demi Allah, sungguh aku mengira, ia adalah Dihyah, sampai aku mendengar khutbah Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang mengabarkan bahwa di malaikat Jibril”.”

Dihyah Al-Kalbi merupakan utusan yang menyampaikan pesan ajakan masuk islam oleh Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada Kaisar Romawi, Heraklius. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: