5 Bahan Alami Penyubur Tanaman Hias Pengganti Pupuk Kimia

5 Bahan Alami Penyubur Tanaman Hias Pengganti Pupuk Kimia

Ampas kelapa dapat digunakan sebagai pupuk alami untuk tanaman hias.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Tanaman hias yang tumbuh sehat dan subur tidak terjadi secara kebetulan. Tentu saja, ada banyak hal yang bisa dilakukan sinar matahari yang cukup, penyiraman yang tepat, serta tanah yang memiliki nutrisi cukup. 

Menyuburkan tanaman hias bisa memanfaatkan bahan-bahan sederhana yang tersedia di rumah, bahkan dari limbah dapur sekalipun. Bahan alami ini dapat digunakan sebagai alternatif pupuk kimia sintetis.

Bahan alami untuk menyuburkan tanaman hias tak hanya memberikan nutrisi pada tanaman, tapi juga memberi suplai makanan untuk organisme dan mikroba yang hidup di tanah dan tentunya ramah lingkungan.

Penggunaan pupuk kimia digunakan untuk mengembalikan nutrisi yang sangat dibutuhkan ke dalam tanah, tetapi dapat menjadi sesuatu yang keras bagi tanaman. 

BACA JUGA: 5 Tips Merawat Tanaman Kaktus agar Tumbuh Subur

Untuk memberi waktu istirahat bagi taman dan menghemat pengeluaran, cobalah menggunakan bahan rumahan atau bahan alami. 

Menyuburkan tanaman tak harus menggunakan pupuk kimia atau pupuk kompos. Dengan bahan-bahan sederhana dan alami, uga bisa membantu menyuburkan tanaman. 

Cobalah 5 bahan alami penyubur tanaman hias berikut ini yang dirangkum SUMEKS.CO dari berbagai sumber:

1. Ampas Kopi

BACA JUGA:Rekomendasi 5 Tanaman yang Mudah Perawatan, Cocok Bagi Pemula

Ampas kopi tak hanya berguna membersihkan rumah, tetapi juga sangat efektif sebagai penguat tanaman berkat kandungan kalsium, kalium, nitrogen, dan fosfornya. 

Ampas kopi dapat mengasamkan tanah, tanaman yang menyukai asam seperti blueberry, mawar, dan tomat, tumbuh subur di tanah asam.

Ampas kopi merupakan sumber nitrogen yang dapat membantu meningkatkan kesuburan tanah dan mengurangi konsentrasi logam berat di tanah. Ampas kopi juga bermanfaat untuk mengusir hama perusak tanaman seperti siput dan bekicot. 

Caranya, ampas kopi  bisa ditaburkan ke dalam pot tanaman. Bisa juga direndam hingga enam cangkir bubuk kopi bekas selama satu minggu untuk membuat pupuk dari ampas kopi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: