5 Tips Menyiram Tanaman Hias Agar Tumbuh Subur dan Indah

5 Tips Menyiram Tanaman Hias Agar Tumbuh Subur dan Indah

Ilustrasi--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Bagi pecinta tanaman, mengoleksi tanaman hias merupakan hobby yang menyenangkan. Hal ini menjadi trend belakangan ini. Menanam tanaman hias akan membuat rumah semakin indah dengan warna-warni bunga dan daun yang beragam. 

Keindahan tanaman hias akan terjaga bila dibarengi dengan perawatan yang tepat. Salahsatunya yakni dengan penyiraman yang tepat. Faktor penyiraman sangat penting agar tanaman mendapatkan asupan air yang cukup dan tepat. 

Tanaman hias tidak boleh terlalu banyak air ataupun kekurangan air. Hal ini berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman agar tidak cepat mati dan tumbuh subur. 

Berikut 5 tips menyiram tanaman hias agar tumbuh subur dan indah dirangkum SUMEKS.CO dari berbagai sumber :

BACA JUGA: 6 Rekomendasi Tanaman Hias Outdoor, Bikin Halaman Rumah Adem

1. Waktu Penyiraman

Penyiraman tanaman hias yang paling tepat dilakukan di pagi hari. Hal ini bertujuan agar setelah penyiraman tanaman dapat berfotosintesis dengan bantuan cahaya matahari. 

Penyiraman di waktu  malam hari dapat menyebabkan kelembaban pada tanah dan menimbulkan perkembangan jamur pada tanah yang berpengaruh ke tanaman. 

Penyiraman perlu dilakukan secara konsisten dan rutin agar tanaman hias tumbuh subur dan indah. 

BACA JUGA:Kenali 4 Jenis Tanaman Hias yang Bisa Ditanam Secara Hidroponik

2. Kualitas Air yang Tepat

Hal berikut yang harus diperhatikan yakni kualitas air yang tepat. Air terbaik untuk penyiraman tanaman yakni air hujan ataupun air tanah.

Apabila memasuki musim kemarau yang minim hujan, sebaiknya gunakan air keran yang telah didiamkan semalam agar kandungan klorinnya turun dan mengendap. 

Hindari menyiram tanaman menggunakan air kotor bekas cucian Ini mengakibatkan ketidaksuburan tanaman hias. Gunakan air pada suhu normal untuk penyiraman. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: