Kenali 4 Jenis Tanaman Hias yang Bisa Ditanam Secara Hidroponik

Kenali  4 Jenis Tanaman Hias yang Bisa Ditanam Secara Hidroponik

Bunga anggrek salah satu tanaman yang dapat ditanam secara hidroponik.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Bercocok tanam secara hidroponik memang lagi trend. Banyak yang mengaplikasikan dengan menanam sayuran seperti kangkung, bayam atau sawi.

Perlu diketahui beberapa jenis tanaman hias juga bisa dibudidayakan dengan sistem hidroponik, tanpa harus ditanam di tanah.

Saat pandemi Covid-19  beberapa waktu lalu, banyak orang mulai tertarik menanam tanaman hias di rumah. Tujuannya tak lain adalah  untuk mencari kesibukan juga menghias interior tempat tinggal.

Banyak cara untuk menanam tanaman hias. Antara lain bisa ditanam secara hidroponik yakni dengan menggunakan media air. Bagi anda pecinta tanaman hias namun terkendala lahan di rumah yang sangat terbatas, dapat dicoba dengan cara media air atau hidroponik. 

BACA JUGA:4 Rekomendasi Tanaman Hias Bikin Udara Ruang Kerja Lebih Segar

Beragam keuntungan yang didapat dengan menanam secara hidroponik. Inilah salahsatu keuntungan bagi yang mempunyai lahan terbatas.

Namun perlu dicatat bahwa tidak semua tanaman hias dapat tumbuh subur secara hidroponik.  Disaranakan bagi pecinta tanaman untuk mengetahui terlebih dulu jenis tanaman hias apa yang bisa ditanam secara hidroponik.

Setidaknya berikut ada 4 jenis tanaman hias yang bisa ditanam secara hidroponik dirangkum SUMEKS.CO dari berbagai sumber :

1. Anggrek

BACA JUGA:Tahukah Kamu, Berikut 5 Jenis Tanaman Hias yang Bisa Dicangkok

Bunga anggrek merupakan salahsatu tanaman hias yang banyak digemari para pecinta tanaman. Diketahui anggrek mempunyai spesies lebih dari 30 ribu jumlahnya.

Hal inilah yang menjadikan tanaman anggrek sangat cocok dijadikan tanaman hias karena mempunyai bunga yang indah dan elegan. .

Bunga anggrek sangat menyukai area kelembapan tinggi sehingga sangat cocok untuk ditanam dengan cara hidroponik. Perlu diketahui bahwa akar anggrek menghisap melalui udara langsung. 

Trend saat ini yakni pecinta tanaman membudidayakan tanaman anggreknya melalui hidroponik. Sebaiknya dijaga agar kelembapan dan suhu udara tanaman anggrek terjaga sehingga dapat tumbuh dengan baik dan berbunga.

BACA JUGA:5 Jenis Tanaman Hias yang Cocok untuk Ruangan AC

2. Bunga Bakung

Tanaman berikut yang bisa ditanam secara hidroponik yakni bunga bakung. Bunga bakung tidak butuh perawatan khusus sehingga cocok ditanam secara hidroponik.

Tanaman ini berasal dari Mediterania. Bunga bakung dikenal sebagai tanaman yang mudah tumbuh dan  berbunga. Agar tumbuh subur pastikan ujung tanaman terendam air.

3. Philodendron

BACA JUGA:Rekomendasi 4 Tanaman Hias yang Bisa Mengusir Nyamuk Bandel di Rumah

Tanaman Philodendron terkenal bagi penggemar tanaman. Philodendron perawatannya sangat mudah, cocok bagi pemula yang baru mulai belajar menanam disebabkan simple dalam bercocok tanam.

Tanaman Philodendron yang berbentuk hati ini selain bisa tumbuh di tanah juga bisa ditanam secara hidroponik.

Tehnik pemangkasan Philodendron  yang ditanam secara hidroponik yaitu dapat dipotong 15 cm dan disarankan membuang bagian bawah.

Lalu direndam dalam vas yang berisi air. Dapat juga diletakkan dalam pot yang ukurannya lebih besar yang berisi air dan ditambahkan batu-batu kecil.

BACA JUGA:5 Tanaman Hias yang Cocok untuk Mempercantik Rumah Konsep Minimalis

4. Bambu Keberuntungan

Bambu Keberuntungan sebenarnya bukan pohon bamboo yang sebenarnya. Tanaman ini    merupakan tanaman hias yang mirip dengan bambu sebenarnya. Namnun jangan salah, tanaman ini sangatkokoh dari segi batangnya. 

Bambu Keberuntungan dapat tumbuh subur dan di media tanah dan air. Namun sebagian orang lebih memilih menanam bambu keberuntungan ini secara hidroponik.

Lebih indah dipandang dalam pot kaca berisi beberapa jenis batuan dan kerikil. Letakkan vas yang berisi bamboo keberuntungan ini pada ruangan tamu agar menambah keindahan di rumah.

BACA JUGA:Selain Indah, Berikut 5 Rekomendasi Tanaman Hias yang Bunganya Mengeluarkan Aroma Wangi Semerbak

Suhu dan kelembapan adalah hal utama yang harus diperhatikan dalam menanam tanaman hidroponik agar tumbuh subur. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: