Tahukah Kamu, Berikut 5 Jenis Tanaman Hias yang Bisa Dicangkok

Tahukah Kamu, Berikut 5 Jenis Tanaman Hias yang Bisa Dicangkok

Aglonema termasuk salah satu tanaman hias yang bisa dibudidayakan dengan cara dicangkok.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Mencangkok adalah salah satu cara membudidayakan tanaman. Selain pada tanaman buah, ternyata beberapa tanaman hias juga bisa di-cangkok.

Beberapa tanaman hias dikenal sulit dibudidayakan, apalagi dengan cara dicangkok. Memang tidak semua tanaman hias dapat dicangkok. 

Ada ciri dan syarat tertentu bagi suatu tanaman agar bisa dicangkok. Tanaman tersebut haruslah tumbuhan dikotil.  Memiliki kambium yang berfungsi menyimpan cadangan makanan.

Teknik cangkok banyak dilakukan penggiat tanaman hias karena mudah diterapkan dan dilakukan. Mencangkok merupakan cara membudidayakan atau memperbanyak tumbuhan dengan cara memotong dahan induk tumbuhan.

BACA JUGA: 5 Jenis Tanaman Hias yang Tumbuh Subur di Air Tanpa Tanah

Tujuannya agar tanaman yang akan dibudidayakan memiliki karakteristik yang sama dengan induknya. 

Ini berbeda pada pengembangbiakan yang dilakukan dengan cara menanam biji. Hasil yang didapat biasanya tidak sama dengan induknya.

Berikut ini 5 jenis tanaman hias yang bisa dicangkok dirangkum SUMEKS.CO dari berbagai sumber :

1. Aglonema

BACA JUGA: 4 Cara Mudah Membuat Tanaman Hias Rajin Berbunga, Pecinta Tanaman Wajib Tahu

Aglonema termasuk tanaman hias yang banyak diminati untuk dipelihara. Berasal dari genus araceae atau talas-talasan, dengan ciri khas warna merah terang dominan pada daunya.

Perawatan aglaonema tergolong kompleks. Anda harus menjauhkan tanaman terkena sinar matahari langsung, jangan terlalu sering disiram dan jaga kelembapan tanaman.

2. Kamboja Jepang

Kamboja Jepang atau Adenium Obesum merupakan tanaman hias berbatang besar dengan bonggol bawah yang menyerupai umbi.

BACA JUGA: 5 Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Saat Merawat Tanaman Hias

Perawatan kamboja jepang cukup mudah, tanaman hias berbunga ini sangat menyukai matahari karenanya tak perlu khawatir tanaman akan mengering dan layu.

Sebaliknya jika diletakkan pada tempat lembap, tanaman ini sulit bertumbuh dengan baik. Media tanah yang cocok untuk kamboja jepang adalah pasir, sekam bakar, tanah arang, tanah bakar, dan cocopeat.

3. Mawar

Memelihara induk mawar dengan lembar bunga yang rimbun tidak hanya menarik dan cantik namun sayang jika tidak dibudidayakan.

BACA JUGA:5 Jenis Tanaman Hias yang Cocok untuk Ruangan AC

Perawatan mawar cukup sederhana, semprotkan tanah dan bunga secukupnya, letakkan mawar di tempat cukup sinar matahari, rutin memangkas dahan dan ranting, campurkan pupuk kandang dengan tanah.

4. Bougenville

Bougenville disebut juga sebagai bunga kertas yang umum ditanam pada pekarangan rumah. Merawat bougenville perlu ketelatenan sebabnya harus rutin memangkas agar nutrisi tidak menyebar ke daun yang menyebabkan bougenville sulit berbunga.

Bougenville juga menyukai sinar matahari langsung, karenanya jika menanam pada pot, letakkan di tempat yang terkena sinar matahari.

BACA JUGA:4 Tips Merawat Tanaman Hias Indoor Agar Tumbuh Subur

5. Palem Merah

Palem Merah atau Cyrtostachys Lakka memiliki bentuk sedikit nyentrik dengan batang berwarna merah dan daun berwarna hijau cemerlang, bersirip agak melengkung dengan anak daun yang terlihat agak kaku.

Palem merah cukup disiram secukupnya sebanyak satu kali pada pagi atau sore, serta diberi pupuk seminggu sekali. Jangan lupa untuk selalu meletakkannya pada tempat yang terkena sinar matahari cukup.

BACA JUGA:Cukup 3 Bahan Utama Sambal Ini, Kutu Perusak Tanaman Hias Tunggang Langgang

Itulah tanaman hias yang bisa dicangkok. Informasi mengenai jenis dan cara tanaman hias dicangkok dapat membantu membudidayakan tanaman hias kesayangan Anda. Semoga membantu.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: