5 Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Saat Merawat Tanaman Hias

 5 Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Saat Merawat Tanaman Hias

Ilustrasi--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Merawat tanaman hias hingga tumbuh dengan baik memang bisa memberikan banyak manfaat. Keberadaannya membuat rumah cantik, asri, dan berwarna hingga memberi kita ketenangan di rumah. 

Di sisi lain, tanaman hias yang tidak tumbuh dengan baik atau mati saat dirawat bisa membuat kita frustrasi. Padahal, itu sebenarnya bisa jadi disebabkan kesalahan yang kita buat sendiri.

Kesalahan saat merawat tanaman hias tak jarang jadi salah satu faktor kegagalan dalam bertanam ataupun budidaya. Alih-alih mencari pangkal soal tanaman hias yang layu atau mati, sebagian orang justru memilih menyerah.

Padahal kemungkinan kesalahan saat merawat tanaman hias itu bisa dipelajari dan lantas dicegah. Sikap patah arang dalam merawat tanaman hias biasanya tersebab kurangnya pengetahuan pemilik tanaman.

BACA JUGA: 5 Jenis Tanaman Hias yang Tumbuh Subur di Air Tanpa Tanah

Setidaknya ada lima kesalahan umum dalam perawatan tanaman hias. Berikut 5 tindakan terlarang yang wajib dihindari agar tanaman hias yang dirawat tetap tumbuh dan berkembang dirangkum SUMEKS.CO dari berbagai sumber :

1. Kurang Cahaya Matahari

Sinar matahari menjadi energi bagi tanaman. Karena itu, faktor vital ini harus dipenuhi dengan baik sesuai tipe dan karakteristik masing-masing tanaman hias.

Setiap jenis tanaman hias memiliki tingkat kepekaan berbeda terhadap sinar matahari. Beberapa tanaman hias sukulen seperti kaktus, asparagus ferns, dan pohon ara memerlukan sinar matahari yang cukup dan tempat yang terang.

BACA JUGA: 4 Cara Mudah Membuat Tanaman Hias Rajin Berbunga, Pecinta Tanaman Wajib Tahu

Sementara tanaman hias seperti Wijaya Kusuma Kupu-Kupu membutuhkan penerangan matahari di tempat dengan cahaya sedang. Sedangkan bunga peace lily hingga spider plant akan lebih cocok diletakkan di tempat yang redup.

Oleh sebab itu, harus terlebih dulu betul-betul memahami karakteristik tanaman hias yang sedang dirawat beserta kebutuhan sinar matahari.

Tanaman hias tergolong sensitif. Selain banyaknya cahaya matahari, hal penting lain yang wajib diperhatikan di antaranya tingkat kelembapan dan penempatan tanaman hias.

2. Asupan Air Tidak Pas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: