Cukup 3 Bahan Utama Sambal Ini, Kutu Perusak Tanaman Hias Tunggang Langgang

Cukup 3 Bahan Utama Sambal Ini, Kutu Perusak Tanaman Hias Tunggang Langgang

Hanya bermodal 3 bumbu dapur yang biasa digunakan sebagai bahan baku utama dalam membuat sambal, kutu putih pada tanaman hias akan musnah.--

SUMEKS.CO - Memelihara tanaman hias sudah jadi hobi bagi sebagian kalangan. Namun ada saja penyakit yang dapat merusak keindahan tanaman hias.

Salah satunya kutu putih. Tidak main-main, kutu putih dapat menimbulkan jamur dari cairan yang ditinggalkannya, setelah kutu putih memakan getah tanaman hias. 

Jamur yang akan muncul dari aktivitas kutu putih itu akan merusak daun tanaman hias. Tentu saja jika tidak cepat dibasmi, akan merusak seluruh tanaman hias. 

Bukan tidak mungkin, tanaman hias yang diharapkan dapat memberikan keindahan akan mati. 

BACA JUGA:5 Jenis Tanaman Hias yang Cocok untuk Ruangan AC

Namun tidak perlu khawatir. Meski banyak obat kimia yang dijual di toko pertanian, ada cara paling ramah lingkungan. 

Hanya bermodal 3 bumbu dapur yang biasa digunakan sebagai bahan baku utama dalam membuat sambal, kutu putih pada tanaman hias akan tamat. 

Ya, 3 bahan sambal yang dimaksud, yaitu bawang merah, bawang putih dan cabai. Campurkan semua bahan, yakni bawang putih, bawang merah, dan cabai ke dalam blender. 

Setelah membentuk pasta, tambahkan air dan aduk lagi. Biarkan selama satu jam. Saring cairan menggunakan kain tipis dan tambahkan sabun cuci piring ke dalam cairan, lalu campurkan ke dalam botol semprot.

BACA JUGA:Segudang Manfaat Tanaman Hias Lidah Mertua, Polusi Udara Karhutla Minggat

Selanjutnya pestisida buatan itu dapat digunakan untuk membasmi kutu putih. Cukup semprot bagian tanaman diserang kutu putih. 

Dipastikan kutu putih yang merusak itu akan tunggang langgang, setelah terkena cairan 3 bahan dapur tersebut. 

Jangan lupa untuk memeriksa bagian bawah daun dan ulangi sepanjang minggu saat Anda melihat ada daun yang tersesat.

Dampak sensorik dari unsur-unsur yang ditemukan dalam bawang putih dan merah yang berbau dan bahan pengiritasi dalam cabai, yang membuat kutu putih tunggang langgang. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: