Mengenal Budidaya Azzola yang Sering Dijadikan Peternak dan Pupuk Organik

Mengenal Budidaya Azzola yang Sering Dijadikan Peternak dan Pupuk Organik

--

SUMEKS.CO - Azolla merupakan tanaman yang hidup di perairan, termasuk tanaman paku air yang sering disebut sebagai gulma tanaman terutama di lahan sawah. 

Banyak peternak ikan yang menjadikan rumput ini sebagai pakan ternak dan sebagai pupuk tanaman karena kandungan dari protein yang lumayan banyak.

Oleh karena itu kebutuhan yang tinggi rumput azolla ini sehingga tak heran saat ini banyak yang mulai untuk budidaya rumput azolla

Rumput azolla tumbuh secara alami di Asia, Amerika, dan Eropa. Azolla mempunyai beberapa spesies, dan untuk budidaya rumput azolla ini cukup mudah, Diantaranya :

BACA JUGA:Budidaya Tanaman Sayuran Secara Hidroponik Manfaatkan Lahan Terbatas, Begini Caranya

1. Menyiapkan bibit azolla

Pertama untuk budidaya tanaman azolla ialah siapkan terlebih dahulu  Bibit azolla yang digunakan dapat berasal dari perbanyakan vegetatif maupun generatif.

Tanaman tersebut kemudian akan digunakan sebagai bibit azolla, oleh karena itu  perbanyakan vegetatif diperoleh dari tanaman azolla muda yang ditebar ke media. 

2. Menyiapkan Lahan atau Kolam

Rumput azolla biasanya tumbuh di daerah perairan, misalnya persawahan atau kolam. 

Oleh karena itu, sebelum memulai untuk budidaya terlebih dahulu menyiapkan kolam atau lahan yang akan digunakan untuk budidaya azolla. 

BACA JUGA:Cara Budidaya dan Memperbanyak Tanaman Hias Aglonema agar Tumbuh Subur

Tanaman ini dapat ditanam di kolam tanah, kolam terpal, ataupun kolam semen yang terkena sinar matahari secara langsung.

Isi kolam menggunakan air dengan ketinggian mencapai 5-20 cm. Habitat asli dari rumput azolla adalah persawahan atau area rawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: