TREND LAGI! Ini 4 Tanaman Hias Kekinian yang Banyak Digemari Kolektor

TREND LAGI! Ini 4 Tanaman Hias Kekinian yang Banyak Digemari Kolektor

Aglonema termasuk salah satu tanaman hias yang banyak dicari kolektor.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Mengoleksi tanaman hias kini menjadi kegiatan yang digemari banyak orang, terutama sejak pandemi melanda.

Tak sekadar menebus kesenangan, ada pula yang menjadikan budidaya tanaman hias sebagai ladang bisnis baru.

Nah, terdapat beberapa jenis tanaman hias yang paling umum dikenal, mulai dari tanaman hias daun, tanaman hias bunga, hingga tanaman hias gantung.

Ada sejumlah tanaman hias paling populer yang dipilih karena bentuknya indah dan perawatannya mudah.

BACA JUGA:4 Jenis Tanaman Hias Indoor yang Tumbuh Tinggi, Bikin Ruangan Cantik dan Sejuk

Sebelum memutuskan untuk  bertanam,  perlu juga mencari tahu pelbagai jenis tanaman hias.

Beragam varietas tanaman hias mudah ditemukan di negara tropis seperti Indonesia. Beberapa di antara tanaman hias ini bisa diletakkan di dalam ruangan (indoor) maupun luar ruangan (outdoor).

Kepopuleran tanaman hias bisa membuat harganya menjadi meroket karena permintaan pasar yang tinggi. Sehingga menjadi populer dan kekinian dan menjadi incaran para pecinta tanaman.

Berikut 4 tanaman hias kekinian yang populer dan digemari yang dirangkum SUMEKS.CO dari berbagai sumber :

BACA JUGA:Mudah Dirawat, Berikut 5 Tanaman Hias Aglonema Penghias Teras Rumah

1. Gelombang Cinta

Gelombang cinta yang memiliki nama latin Anthurium plowmanii atau wave of love adalah tanaman dari genus anthurium dari famili Keladi, Araceae.

Namun, tanaman ini disebut gelombang cinta di Indonesia. Tanaman ini merupakan tanaman asli dari Peru, Bolivia, dan Brazil.

Gelombang cinta memiliki bentuk daun yang sangat tebal dan batang daun menyerupai kulit dengan helaian elips meruncing dan memanjang. Bagian terlebar helaian daun berada di area ujung, tetapi masih berada di sekitar bagian tengah.

BACA JUGA:5 Tanaman Hias Ini Dipercaya Bisa Bawa Hoki di Rumah

Gelombang cinta merupakan tanaman hias yang harganya cukup mahal karena keindahan bentuk daunnya yang bergelombang.Selain itu, gelombang cinta memiliki kualitas yang sangat baik, sehingga warnanya akan tetap bagus dan terlihat segar.

Meski demikian, perawatan gelombang cinta tergolong mudah karena tidak membutuhkan banyak air dan tanpa cahaya matahari langsung.

2. Sukulen

Succulent atau sukulen merupakan tanaman hias hemat air yang paling populer belakangan ini. Jenis tanaman ini punya karakter memiliki bagian yang lebih tebal dan berdaging untuk menyimpan air.

BACA JUGA:Cara Mudah Merawat Fittonia, Jenis Tanaman Hias Daun Berpola yang Cantik

Kaktus, termasuk salah satu jenis yang masuk keluarga sukulen. Akhir-akhir ini, kaktus mini dalam pot juga jadi salah satu tren dengan nilai jual tinggi dan laku di pasaran.

Selain kaktus, jenis sukulen lain yang dapat dijadikan budidaya tanaman hias diantaranya echeveria, jade plant, stonecrop hingga aloe.

3. Alocasia

Tanaman ini biasa tumbuh dengan liar di hutan. Keindahan bentuk daun dari Alocasia membuatnya diburu oleh pecinta tanaman hias dalam ruangan.

BACA JUGA:PERLU ANDA KETAHUI, 5 Tanaman Hias Ini Bisa Tumbuh Subur Tanpa Media Tanah

Daun Alocasia sepintas memiliki kemiripan dengan caladium. Hal ini karena sebenarnya mereka masih satu famili. Urat-urat tegas pada bagian daun dan bentuk akarnya yang eksotis mempercantik tampilan dari tanaman ini.

4. Aglonema

Tanaman sri rejeki atau Aglaonema merupakan salah satu tanaman paling diminati dan banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Sesuai nama harfiahnya, tanaman ini dipercaya memberikan energi positif untuk mendatangkan rejeki.

Bahkan, tanaman yang satu ini menjadi salah satu flora yang ditetapkan oleh NASA sebagai tanaman yang efektif menghilangkan polutan rumah tangga, seperti formaldehida dan benzena di udara.

BACA JUGA:Yuk..Simak 5 Jenis Tanaman Hias yang Tumbuh Subur di Dapur, Bikin Udara Segar Sepanjang Hari

Aglonema juga dikenal dengan nama Chinese Evergreen. Tanaman ini sangat cantik dan bisa menjadi salah satu pelengkap dekorasi rumah.

Tanaman yang memiliki daun menyirip ini memiliki beberapa varietas. Aglonema juga hadir dalam beberapa warna seperti semburat merah, hijau ke abu-abuan, semburat putih hingga perak. Perawatannya yang tidak sulit, membuat tanaman ini menjadi pilihan bagi mereka yang baru memulai berkebun.

4. Hoya

Tanaman berikut ini memiliki bentuk yang cukup unik. Hoya adalah tanaman yang daunnya seperti memiliki lapisan lilin sehingga menyerupai tanaman palsu.

BACA JUGA:Wajib Diketahui, 5 Jenis Tanaman Hias yang Bantu Hilangkan Racun di Rumah


Tanaman jenis keladi terlihat cantik dengan daun yang berwarna hijau terang.--dok : sumeks.co

Tanaman yang tumbuh merambat ini juga memiliki bunga yang cukup harum yang bisa sekaligus dijadikan pengharum ruangan alami.

Tanaman hias yang satu ini punya karakter menyerupai bunga plastik. Tekstur bunganya yang kasar dan berkilau warna-warni membuat orang awam bertanya-tanya.

BACA JUGA:Mengenal Jenis Sukulen, Tanaman Hias Cantik yang Tak Butuh Perawatan Ekstra

Tanaman yang digantung di teras rumah itu tanaman sintetis atau asli, ya? Tanaman hias dari Asia Timur ini memang jarang ditemukan di toko bunga. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: