5 Tips Merawat Tanaman Kaktus agar Tumbuh Subur

 5 Tips Merawat Tanaman Kaktus agar Tumbuh Subur

Beberapa jenis kaktus yang dapat ditanam untuk mempercantik teras rumah.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Kaktus merupakan salah satu tanaman hias yang perawatannya gampang-gampang susah. 

Sebagian  menyebut merawat kaktus adalah hal mudah karena sifatnya yang kuat dan tidak perlu perawatan ekstra bagi orang yang sibuk. 

Namun sebagian lagi beranggapan bahwa kaktus susah dirawat karena berduri dan perlu tehnik penyiraman yang hati-hati. 

Ditemukan di daerah-daerah kering, tanaman kaktus dapat hidup di daerah beriklim tropis dan subtropis. Sebagian besar spesies kaktus berasal dari kawasan Amerika Utara, Selatan, dan Tengah.

BACA JUGA:4 Manfaat Menanam Kaktus di Rumah, Bentuknya Unik Perawatan Mudah

Sebetulnya kaktus adalah tanaman yang dikenal anti manja. Perawatannya dikenal tak bikin repot si empunya tanaman. Tak heran jika kemudian banyak orang menjadikan kaktus sebagai salah satu tanaman favorit.

Meski ini berlaku untuk banyak spesies, ada beberapa varietas kaktus yang menarik, mudah dirawat, dan tumbuh dengan baik di bawah pencahayaan yang tepat. 

Tak seperti tanaman lain, kaktus dapat tumbuh dalam waktu lama tanpa adanya air. Daun duri yang dimiliki kaktus membantu mengurangi penguapan air lewat daun.

Berikut 5 tips merawat tanaman kaktus agar tumbuh subur yang dirangkum SUMEKS.CO dari berbagai sumber :

BACA JUGA:TREND LAGI! Ini 4 Tanaman Hias Kekinian yang Banyak Digemari Kolektor

1. Penyiraman

Kaktus adalah tanaman gurun sehingga tidak suka kondisi di tanah basah. Meski tumbuh di area kering, kaktus tetap membutuhkan air untuk bertahap hidup. Kebanyakan kaktus akan tumbuh subur saat musim kemarau. 

Selama musim kemarau, tanaman kaktus  bisa disiram sekali dalam sepekan, tergantung kondisi tanah. Terlalu banyak air akan membuat kaktus membusuk.

Sebagai aturan umum, biarkan tanah mengering di antara waktu penyiraman sebelum menyiram tanaman kembali. Untuk itu, rutin mengecek tanaman minimal tiga hari sekali guna memastikan apakah kaktus butuh disiram atau tidak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: