5 Bahan Alami Penyubur Tanaman Hias Pengganti Pupuk Kimia

5 Bahan Alami Penyubur Tanaman Hias Pengganti Pupuk Kimia

Ampas kelapa dapat digunakan sebagai pupuk alami untuk tanaman hias.--dok : sumeks.co

BACA JUGA:Koleksi Tanaman Hias Mendadak Mati, Simak 5 Penyebab dan Solusinya Berikut Ini

2. Ampas Kelapa

Ampas kelapa juga bisa dijadikan pupuk organik untuk tanaman, sekaligus media tanam yang baik. Bisa manfaatkan sisa limbah perasan santan yang tidak terpakai. 

Hasil penelitian menunjukkan pupuk ampas kelapa ini masih mengandung kadar protein kasar dan lemak kasar yang masih relatif tinggi. 

Selain membantu penyuburan, ampas kelapa juga membuat tanaman cepat berbunga dan berbuah.

BACA JUGA:Tanaman Liar yang Bisa Disulap Jadi Tanaman Hias dan Bernilai Jual

3. Kulit Pisang

Kulit pisang kaya akan fosfor dan potasium yang sangat dibutuhkan oleh tanaman. Kulit pisang membantu memperkuat tanaman, memaksimalkan pertumbuhan, dan melindungi dari penyakit.

Untuk itu, jangan buru-buru membuang kulitnya usai makan pisang. Kulit pisang dapat diolah dengan  merajangnya kecil-kecil dan taburkan di dalam tanah dekat dengan akarnya. 

Bisa juga mengekstrak nutrisinya dengan merendam kulit pisang dalam air tawar selama 3-4 hari, kemudian semprotkan airnya ke tanaman.

BACA JUGA:5 Tanaman Bunga Cantik Pengusir Nyamuk yang Bisa Ditanam di Rumah

4. Cangkang Telur

Karena kaya kalsium, cangkang telur bisa digunakan untuk menyuburkan tanah tanaman. Caranya, cuci cangkang telur, lalu hancurkan, dan tambahkan ke tanaman seperti tomat yang sering diganggu oleh kekurangan kalsium. 

Ketika bibit sudah cukup besar untuk ditransplantasikan, tanam langsung cangkang telur pada tanah dan cangkang akan terurai seiring waktu.

Kalsium yang ditemukan dalam kulit atau cangkang telur membantu tanaman membangun struktur sel yang kuat. Selain itu, tanaman yang kekurangan kalsium akan cepat mengalami pembusukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: