Catat! 25-30 April Puncak Arus Balik, Pengelola Moda Transportasi di Sumsel Siap Antisipasi Derasnya Penumpang

Catat! 25-30 April Puncak Arus Balik, Pengelola Moda Transportasi di Sumsel Siap Antisipasi Derasnya Penumpang

Sejumlah pemudik bersiap kembali ke perantauan naik bus usai merayakan Lebaran1444H bersama keluarga di kampung halaman.--

Yakni ruas Sigli – Banda Aceh (Sibanceh) Seksi 5 & 6(Blang Bintang – Baitussalam) sepanjang 13 Km. Lalu, ruas Indralaya – Prabumulih (Indraprabu) sepanjang 63,5 Km.

Kemudian, ruas Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat Seksi 1 & 2 (TebingTinggi – Indrapura) dan Seksi 3 & 4 (Dolok Merawan – Sinaksak sepanjang 28,5 Km. 

Terakhir, ruas Binjai – Langsa(Binsa) Seksi 2 (Stabat – Kuala Bingai / GT Stabat – GT Proklamasi) sepanjang 7,2 Km.

BACA JUGA:H+2 Idul Fitri 1443 H, Arus Balik Bandara SMB II Mulai Ramai

BACA JUGA:Arus Balik Jalinsum Masih Didominasi Kendaraan Lokal

 Jam operasional ruas Indraprabu & Stabat – Kuala Bingai mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Sedangkan ruas tol Sibanceh seksi 5 & 6 mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. 

Sedangkan Ruas Kuala Tanjung – Tebing Tinggi –Parapat tepatnya pada Gerbang Tol Tebing Tinggi – Indrapura dan Gerbang Tol DolokMerawan – Sinaksak yang dioperasikan secara fungsional oleh PT Hutama Marga Waskita dibuka 24 jam.

Ruas-ruas fungsional inihanya diperuntukan bagi kendaraan Golongan I dengan tidak dikenakan tarif atau gratis. 

Branch Manager tol Palembang – Indralaya – Prabumulih, Syamsul Rijal mengatakan khusus untuk ruas Indraprabu, akses menuju ke ruas tersebut dari arah Palembang harus melalui Tol Palembang – Indralaya (Palindra) yang sudah beroperasi secara penuh.

BACA JUGA:H+2 Idul Fitri 1443 H, Arus Balik Bandara SMB II Mulai Ramai

BACA JUGA:Arus Balik Jalinsum Masih Didominasi Kendaraan Lokal

Tarifnya, kendaraan Golongan I Rp 20.500, Golongan II &III Rp31.000 dan Golongan IV & V Rp41.500. Untuk pemudik yang masuk dari gerbang tol Indralaya dan keluar melalui gerbang tol Prabumulih tidak dikenakan tarif. 

HK mencatat total Volume Lalu Lintas (VLL) kendaraan yang melintas di ruas Indraprabu melalui Gerbang Tol (GT) Prabumulih mencapai angka belasan ribu.

“Tercatat sudah 13.412 kendaraan yang melintas. Sedangkan untuk jalur tol Palindra, selama empat hari itu juga telah dilewati sekitar 29.396 kendaraan,” ujar Syamsul.  

Diprediksi puncak arus balik di tol Palindra dan Indraprabu mulai terjadi 22 April 2023. “Untuk puncak arus balik diperkirakan terjadi 30 April,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: