Viral, Bank Indonesia Keluarkan Uang Baru Pecahan 1.0, Benarkah? Cek Faktanya Disini

Viral, Bank Indonesia Keluarkan Uang Baru Pecahan 1.0, Benarkah? Cek Faktanya Disini

Uang pecahan baru Indonesia senilai Rp1 Juta--

SUMEKS.CO - Viral, di sosial media menyebut Bank Indonesia mengeluarkan uang baru pecahan 1.0 yang disebut senilai Rp1 juta rupiah. Apa benar? Cek faktanya disini.

Dalam beberapa akun TikTok mengunggah video yang memperlihatkan uang baru kertas pecahan 1.0. Yang bikin heboh nilai itu setara dengan Rp1  juta rupiah.

Namun fakta membuktikan bahwa klaim yang mengatakan bahwa terdapat pecahan uang kertas 1.0 senilai 1 juta rupiah adalah salah. 


Uang 1.0 yang beredar di sosial media adalah hoaks alias merupakan uang specimen--

Dikutip dari laman resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Junanto Herdiawan menegaskan bahwa uang pecahan rupiah kertas yang berlaku saat ini nominal tertinggi adalah Rp100.000 (seratus ribu rupiah) seperti yang sudah ada sebelumnya.

BACA JUGA:Kuota Haji 2024 Masih Tersisa, Peluang Berangkat ke Tanah Suci Masih Terbuka

BACA JUGA:Ribuan Ekor Buntang Ayam Potong Dibuang ke Sungai Kepayang Muara Lakitan, Polisi Gerak Cepat!

Sementara itu hal ini bahkan juga sudah dikonfirmasi oleh Head of Corporate Secretary Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) Adi Sunardi mengatakan bahwa uang pecahan 1.0 yang viral tersebut adalah uang spesimen yakni uang yang memang tidak bisa digunakan untuk berbelanja atau bertransaksi.

Uang 1.0 tersebut sebelumnya bahkan pernah juga viral dimana warganetpun menyebut uang itu akan diberikan untuk THR.

Uang spesimen atau disebut juga house notes merupakan uang contoh yang bisa memuat seluruh fitur sekuriti.

Nah perusahaan pencetak uang (banknote printers) lazim menerbitkan house note masing-masing yang bertujuan untuk menunjukkan kompetensi dan biasanya 'kemampuan maksimal' sebuah banknote printers.

BACA JUGA:Bayar Zakat Fitrah Lebih Baik Beras atau Uang? Temukan Jawabannya di Sini!

BACA JUGA:7 Shio Diprediksi Beruntung Besok 28 Maret 2024: Peluang Kesuksesan Karir dan Finansial Menanti

Sebagaimana diketahui bahwa Perum Peruri dalam beberapa periode sudah mencetak 3 series uang spesimen, yakni uang 1.0 bertajuk ‘The Beauty of Indonesia’ di tahun 2015, uang 2.0 ‘Indonesia & Japanese Heritage’ di tahun 2017, dan uang 3.0 ‘The Inspiring Tales’ tahun 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: