Arti Ajaran & Sejarah Aliran Sunni dalam Agama Islam, Berikut 7 Negara dengan Populasi Penganut Terbanyak

Arti Ajaran & Sejarah Aliran Sunni dalam Agama Islam, Berikut 7 Negara dengan Populasi Penganut Terbanyak

Salah satu di antara aliran yang paling banyak dianut dalam Agama Islam yakni aliran agama Islam Sunni. Foto: dokumen--

Seiring berjalannya waktu, Islam mengalami perpecahan menjadi beberapa kelompok, termasuk Sunni, Syiah, Khawarij, Mu'tazilah, dan berbagai aliran lainnya. 

Fenomena ini terus berkembang dan bahkan melahirkan kelompok-kelompok baru seiring berjalannya waktu, menciptakan keragaman dalam pemahaman dan praktik keagamaan Islam.

Istilah"Ahlussunnah wal Jamaah" yang terdiri dari tiga kata, yaitu "ahl," "as-sunnah," dan "jamaah," memiliki makna mendalam. 

BACA JUGA:Dr Richard Lee Telpon Ustadz Derry Sulaiman: Minta Maaf Soal VN, Kalau Dokter Bela Injil Itu Agama Dia Guys!

"Ahl" merujuk pada keluarga, pengikut, atau penduduk; "as-sunnah" mengacu pada jalan, cara, atau perilaku yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Sementara "Jamaah" mengartikan orang banyak atau sekelompok manusia yang berkumpul dengan satu tujuan.

Secara istilah, "ahlussunnah" atau kelompok sunni, ajarannya mencakup segala hal yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Seperti ucapan, perilaku, dan ketetapannya. "Jamaah" merujuk pada kesepakatan yang dihasilkan oleh para sahabat Nabi pada masa khulafaur rasyidin.

Itulah informasi secara lengkap mengenai apa aliran Islam Sunni, negara mana dengan populasi penganut Sunni terbesar hingga sejarah aliran Sunni sendiri.

Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan anda, terutama dalam hal pengetahuan tentang agama Islam agar tetap bertakwa kepada Allah SWT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: