Waspada! Harimau Patroli di Jalinbar Sumatera, Lokasinya Bukan di Tanggamus, Ini Persisnya

Waspada! Harimau Patroli di Jalinbar Sumatera, Lokasinya Bukan di Tanggamus, Ini Persisnya

Penampakan Harimau terekam video pengguna jalan yang melintasi kawasan TNBBS Lampung.--

Waspada! Harimau Patroli di Jalinbar Sumatera, Lokasinya Bukan di Tanggamus, Ini Persisnya

SUMEKS.CO - Viral di media sosial seekor harimau Sumatera berpatroli di Jalan Lintas Batas (Jalinbar) Sumatera, wilayah Provinsi Lampung, Jumat malam 9 Februari 2024.

Penampakan raja hutan ini terekam video handphone pengguna jalan yang melintasi kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). 

Binatang buas yang memiliki nama latin Panthera Tigris Sumatera itu mondar mandir di kawasan yang disebut si perekam video dalam mobil berada di kawasan Jalinbar Sumatera wilayah Sedayu, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung itu. 

BACA JUGA:Viral, Gara-gara KTP Bapak Gondrong Bersama Rumahnya Terbawa Arus Banjir di Sumbawa, Bagaimana Ceritanya?

Harimau dengan ukuran cukup besar itu dengan santai mondar mandir di ruas jalan tersebut, bahkan dengan santai mondar mandir meski cahaya dari lampu mobil si perekam menembak langsung ke arah harimau. 

"Kawasan Sedayu, kawasan Sedayu. Harimau boy di kawasan Sedayu, ril harimau Sumatera, Lampung punya ini," kata laki-laki yang merekam. 

Pasca penampakan itu, Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Lampung BKSDA Bengkulu, Joko Susilo mengkoreksi jika titik kemunculan harimau itu bukan berada di Sedayu, melainkan di Jalinbar Sanggi, Kecamatan Bengkunat Pemerihan, Kabupaten Pesisir Barat Lampung. 

"Sudah kami konfirmasi sumber video itu melalui Kepala Resort Pemerihan Balai Besar TNBBS, lokasinya bukan di Sedayu," kata Joko. 

BACA JUGA:Berikut 8 Tradisi Unik Perayaan Imlek Pada Tiap Daerah di Indonesia, Nomor Terkahir Legend Banget!

Tim BKSDA juga langsung diturunkan pasca beredarnya video penampakan harimau Sumatera yang jarang terjadi itu. 

Keberadaan video ini langsung viral di media sosial, yang diteruskan secara berantai, hingga menjadi sorotan banyak pihak, ada yang merasa khawatir untuk melintasi kawasan itu. 

Ada beberapa faktor penyebab harimau keluar dari hutan, antara lain, habitat rusak dan perburuan kancil, rusa dan babi hutan yang merupakan pakan satwa itu.

Harimau muncul di kebun atau sekitar pemukiman, karena habitat rusak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: