Anti Gagal! Cara Membuat Lilin Aromaterapi Sendiri, Bermanfaat untuk Melegakan Indera Penciuman

Anti Gagal! Cara Membuat Lilin Aromaterapi Sendiri, Bermanfaat untuk Melegakan Indera Penciuman

Lilin aromaterapi bermanfaat untuk membuat udara dalam ruangan segar sepanjang hari.--dok : sumsek.co

SUMEKS.CO – Lilin aromaterapi merupakan produk yang mengandung tambahan pewangi yang menenangkan dengan berbagai varian harum sehingga akan melegakan indera penciuman.

lilin sudah digunakan sebagai sumber penerangan sebelum diciptakannya lampu, namun seiring perkembangan zaman sudah terlalu banyak fungsi lilin berubah.

Lilin tidak hanya berfungsi sebagai alat penerangan saja namun sudah diciptakan berbagai inovasi sehingga menjadi semakin luas dan dapat digunakan untuk kesehatan serta kecantikan.

Jenis lilin yang dimaksud yaitu aromaterapi bermanfaat untuk melegakan indera penciuman serta dapat dibuat dengan mudah secara mandiri dengan bahan simple saja.

BACA JUGA: Aromaterapi Bukan Cuma Wangi, Simak Berbagai Manfaat dan Cara Menggunakannya

Ada berbagai manfaat dari penggunaan lilin aromaterapi sehingga cukup luar biasa karena dapat meringankan stress hingga meningkatkan kualitas tidur.

Jika ingin mendapatkan berbagai macam manfaat tersebut, bisa membuatnya sendiri karena cara membuat lilin aromaterapi ternyata tidak terlalu sulit.

Dengan membuat lilin aromaterapi sendiri, bisa menyesuaikan harum yang paling diinginkan sehingga tidak akan bosan menghirup aroma wanginya.

Terdapat beberapa bahan lilin aromaterapi yang bisa dibuat sendiri dan dapat diatur sedemikian rupa agar meminimalkan efek samping berbahaya.

BACA JUGA:INSOMNIA? Coba 7 Langkah Ini, Dijamin 3 Jam Langsung Lelap

Namun untuk sebagian orang lilin aroma terapi tidak hanya berfungsi untuk kesehatan saja tapi digunakan sebagai dekorasi rumah sehingga akan terlihat menjadi tambah cantik.

Hal pertama harus dilakukan adalah menyiapkan alat dan bahan untuk membuat lilin aromaterapi, simak daftar yang harus disiapkan :

• Soy Wax : salah satu bahan yang sangat sering dijadikan sebagai bagian dalam lilin aromaterapi, asal mulanya dari bahan non toksik karena terbuat dari minyak kedelai sehingga memberikan manfaat untuk kesehatan.

• Sumbu lilin berbahan natural : bahan ini bisa melepaskan gas yang tidak memiliki racun sehingga sangat aman untuk tubuh.

BACA JUGA:Melakukan Infus Vitamin C Karena Ingin Sehat? Simak Manfaatnya untuk Tubuh

• Minyak esensial : agar lilin mengeluarkan aroma wangi, bisa ditambahkan setidaknya beberapa tetes saja.

• Toples kaca

• Lem panas

• Alat untuk serut atau pisau

BACA JUGA:7 Sayuran Maknyus Bisa Membawa Petaka, Jangan Dikonsumsi Setiap Hari, Nomor 4 Paling Digemari

• Krayon

• Panci

• Wadah tahan panas

• Tusukan sate

•Air secukupnya

BACA JUGA:Menakjubkan! Ternyata Ini 8 Manfaat Keramas dengan Air Hangat, Simak Penjelasannya

Berikutnya beberapa cara membuat lilin aromaterapi sendiri dengan bahan yang mudah ditemukan :

1. Serut Lilin

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu serut atau potong lilin sehingga menjadi tipis dan menjadi beberapa serpihan kecil, hal ini akan memudahkannya untuk meleleh.

Jangan lupa untuk lakukan menyisihkan sumbu lilin terlebih dahulu, setelah berbentuk serpihan kecil masukkan ke dalam wadah yang bisa tahan panas.

BACA JUGA:Menakjubkan! Ternyata Ini 8 Manfaat Keramas dengan Air Hangat, Simak Penjelasannya

2. Cairkan Serpihan Lilin

Hal selanjutnya harus dilakukan adalah saatnya untuk mencairkan lilin yang sudah diserut sebelumnya. Siapkan air yang sudah dimasukkan ke panci lalu didihkan hingga panas.

Kemudian masukan serpihan lilin ke wadah ari panas yang sudah disiapkan sebelumnya hingga menjadi cair dan menyatu dengan aromaterapinya.

Teknik ini biasa disebut sebagai double boiler sehingga dapat membuat lilin menjadi leleh dengan lebih cepat dan tidak perlu menunggu untuk waktu yang lama.

BACA JUGA:Sama Berbahaya Bagi Kesehatan, Inilah 5 Risiko Dampak Kecanduan Rokok Elektrik atau Vape

3. Taruh Sumbu dan Lilin ke Dalam Gelas

Jika lilinnya sudah meleleh dapat dituangkan langsung ke dalam gelas kaca yang sudah dipersiapkan sebelumnya, isi hingga wadah terasa penuh.

Jangan sampai lupa untuk menempatkan sumbu terlebih dahulu, lalu letakkan dibagian tengan gelas. Hal ini supaya sumbu tidak akan bergeser ketikan cairan lilin dituangkan.

Bahan tusuk sate yang sudah disiapkan sebelumnya berguna untuk menopang sumbu agar tidak bergeser atau tenggelam ke dalam lilin cair.

BACA JUGA: Kaya Nutrisi! Berikut 6 Manfaat Labu Air Bagi Kesehatan, Salah Satunya Melancarkan Sembelit

4. Tambahkan Minyak Esensial

Membuat lilin aromaterapi tentu saja tidak lengkap jika melewatkan minyak esensial, bahan ini berguna untuk mengeluarkan bau harum dari lilin tersebut.

Saat cairan lilin sudah disiapkan, tambahkan minyak aroma esensial kecairan lilin yang sudah dimasukkan ke dalam gelas.

Namun sebaiknya memasukkan minyak esensial lebih baik saat suhu lilin masih menjadi cairan sehingga mudah untuk dicampurkan.

BACA JUGA:Cantik dan Indah! 8 Manfaat Lavender untuk kesehatan, Salah Satunya Dapat Mengatasi Jerawat

5. Diamkan Hingga Mengeras

Tahap terakhir yang harus dilakukan dalam cara pembuatan lilin aromaterapi yaitu hanya menunggu hingga produk menjadi keras dengan sendirinya.

Letakkan cairan lilin yang berada ditempat dengan suhu ruangan agar lilin aromaterapi mengeras dengan sesuai dan tidak rusak serta anti gagal.

BACA JUGA:Fakta Menarik Kacang Almond, Nomor 5 Penting untuk Diketahui

Jika ingin lilin aromaterapi mengeras dengan maksimal, diamkan selama tiga hari di dalam ruangan yang memiliki suhu ruang.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: