Pemprov Sumsel Sebut Ada Empat Fase Penanganan Bencana, Begini Penjelasannya, Simak!

Pemprov Sumsel Sebut Ada Empat Fase Penanganan Bencana, Begini Penjelasannya, Simak!

Pemprov Sumsel sebut penanganan bencana terdiri dari empat fase. Foto: dokumen/sumeks.co--

BACA JUGA:Astaga! Ribuan Rumah Tergenang Banjir, 1 Roboh dan 2 Rusak

Menurut Agus Fatoni, dalam penanggulangan bencana, prioritas utama adalah memberikan bantuan, layanan kesehatan, dan dukungan lainnya dengan melibatkan semua pihak, termasuk perusahaan.

"Untuk bencana mendesak, tindakan ini harus dilakukan dengan cepat, dan kita perlu bersatu dalam upaya tersebut," ujarnya. 

Lebih lanjut dijelaskan Kepala Pelaksana BPBD Sumsel, M Iqbal Alisyahbana bahwa Kabupaten/Kota telah diberi peringatan untuk meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian menghadapi potensi hujan lebat.

"BPBD melakukan langkah-langkah seperti menempatkan logistik sebelum musim hujan di setiap Kabupaten/Kota. Jika banjir terjadi, logistik tersebut dapat segera disalurkan untuk membantu masyarakat," jelasnya. 

BACA JUGA:Sejumlah Wilayah di Ogan Ilir Mulai Diterjang Banjir, Polisi dan Kades Siaga

Lanjut Iqbal, tim evakuasi akan segera melakukan evakuasi saat terjadi banjir dan berkoordinasi dengan stakeholder terkait, terutama yang menangani banjir. 

"Dapur umum telah dibuka di lokasi terdampak, dan dinas kesehatan menyediakan tenaga kesehatan, psikolog, dan lainnya," tuturnya. 

Kendati demikian, Iqbal pun memberikan imbauan terhadap masyarakat Sumsel agar selalu berhati-hati terhadap potensi banjir selama musim hujan. 

Malam hari, perlu waspada terhadap kenaikan debit air. Pastikan untuk membersihkan saluran air di sekitar agar alirannya tetap lancar.

BACA JUGA:Hujan Deras Semalaman, Kota Prabumulih Banjir, Warga Sebut Terparah Sepanjang Sejarah

"Pemprov Sumsel juga berusaha maksimal untuk pentingnya hadir di tengah masyarakat saat terjadi musibah. Koordinasi logistik telah dilakukan dengan BUMN dan BUMD di Sumsel," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: