Astaga! Ribuan Rumah Tergenang Banjir, 1 Roboh dan 2 Rusak

Astaga! Ribuan Rumah Tergenang Banjir, 1 Roboh dan 2 Rusak

BANJIR : Tampak banjir dibeberapa desa dalam Kecamatan Benakat, Kabupaten Muara Enim.--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Banjir di Kecamatan Benakat, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, kembali terjadi pada Sabtu 13 Januari 2024 pagi.

Banjir kali ini disebabkan oleh meluapnya Sungai Lematang dan Sungai Benakat akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut sejak Jumat malam 12 Januari 2024.

Akibat banjir tersebut, ribuan rumah di lima desa di Kecamatan Benakat tergenang dan terendam air. Desa-desa tersebut adalah Desa Pagar Jati, Desa Pagar Dewa, Desa Betung, Desa Padang Bindu, dan Desa Rami Pasai.

Dari pengamatan dan informasi dilapangan, akibat meluapnya beberapa sungai telah membanjiri beberapa desa di sepanjang bantaran sungai seperti Karang Raja, Muara Enim, Tanjung Raman, Guci, Rami Pasai, Padang Bindu, Pagar Dewa, Betung, Pagar Jati, Gunung Megang dan lain-lain.

BACA JUGA:Kisah Paman Hasan, Warga Gaza yang Merintis Usaha Makanan Kebab Khas Palestine dari Kecil di Kota Bogor

Bahkan ada satu rumah milik Yuli Martati (36) warga Dusun 1, Desa Pagar Dewa, Kecamatan Benakat, dan dua rumah rusak atas nama Ahmad Yani dan Agus keduaya warga Desa Padang Bindu, Kecamatan Benakat. 

Menurut Camat Benakat Hasbulah, dari hasil pendataan sementara, untuk rumah yang terendam dan terdampak banjir di kecamatan Benakat yakni di Desa' Rami Pasai 150 rumah, Desa Pagar Jati 415 rumah, Desa Betung 200 rumah, Desa Pagar Dewa 250 rumah dan Desa Padang Bindu sekitar 560 rumah.

Rumah kebanyakan berbentuk rumah panggung warga mengungsi ke atas rumah.

Selain itu, lanjut Hasbulah, untuk fasilitas umum SD 1, 2, 3, 6 untuk saat ini diliburkan. 

BACA JUGA:Respon Jumat Curhat, Personel Polsek Cengal Patroli Cegah Balap Liar di Jalan yang Baru Selesai Dicor

Kemudian seputaran Masjid Desa Betung terdampak banjir dan masjid Al Falah desa Padang Bindu dusun 3, Masjid Al Amalia desa Padang Bindu dusun 1, Masjid Al Fajri Desa Rami Pasai, Masjid Jamik Al-Ikhlas desa Pagar Jati dusun 3, SD 3 Betung tergenang air, Jembatan gantung Desa Betung, Kantor kades Desa Betung, Kantor BUMDES desa Betung.

"Kantor Kades Betung terendam air dengan kedalaman 30 cm sampai 1,5 meter. Kegiatan masyarakat yang berkebun terhambat dikarnakan luapan air," ujarnya.

Masih dikatakan Hasbulah, untuk saat ini, pihaknya telah mendirikan posko utama Banjir & Longsor di Desa Pagar Dewa, Kecamatan Benakat, Kabupaten Muara Enim, sebab lokasinya strategis untuk akses ke desa-desa yang lokasinya tinggi jauh dari banjir. "Nanti semua bantuan kita kumpulan di Posko dan akan dibagikan sesuai kebutuhan," ujar Hasbulah.

Sementara itu, Anggotw DPRD Kabupaten Muara Enim Zen Sukri, langsung merespon cepat warga empat desa di Kecamatan Benakat. Dirinya langsung menyalurkan bantuan untuk warga yang terdampak banjir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: