Nih Vespa Klasik Pertama! Awalnya Diragukan, Harga Dibandrol Rp 159,5 Juta, Sekarang Jangan Ditanya

Nih Vespa Klasik Pertama! Awalnya Diragukan, Harga Dibandrol Rp 159,5 Juta, Sekarang Jangan Ditanya

Vespa Vespa 98 merupakan model pertama yang diluncurkan Piaggio.--

BACA JUGA:Vespa 98 Corsa, Ajang Unjuk Kecepatan dan Inovasi, Pelopor Vespa Klasik di Lintasan Balap

Tercatat Vespa tertua ini hanya diproduksi sebanyak 60 unit di seluruh dunia. Langkahnya Vespa produksi tahun 1946 ini membuat harga jualnya saat miliaran rupiah. 

Sebuah badan lelang Catawiki yang berpusat di Amsterdam, Belanda menawarkan dedengkot Vespa ini sebesar Rp 4,6 miliar. 

Tawaran pertama yang sudah diajukan tembus diangka $185, 023 atau setara dengan Rp 2,4 miliar. Cawatiki memperkirakan Vespa ini akan laku dilelang mencapai $268,150 hingga $348,600, atau setara Rp 3,5 miliar hingga Rp 4,5 miliar. 

Vespa tidak serta merta langsung memproduksi sepeda motor layaknya Honda.

BACA JUGA:Penggemar Scooter Wajib Tahu, Vespa Terinspirasi dari Mahluk Ini, Memang Mirip Sih

Sejarah Vespa berawal tahun 1884, saat Rinaldo Piaggio yang saat itu masih berusia 20 tahun, merubah perusahaan ayahnya Piaggio & Co ke perusahaan pembuat alat transportasi di Sestri Ponente Genova, Itali.

Sejak awal ia memang memiliki cita-cita perusahaannya itu membuat kendaraan darat, laut dan udara.

Piaggio sempat menekuni bisnis furnitur dengan memasok ke kapal mewah. Meski akhirnya ia menyadari usaha itu sangat terbatas untuk tumbuh.

Disinilah Ia memulai bisnis transportasi, berupa kereta api. Namun lagi-lagi, ia belum puas dengan usaha itu.

BACA JUGA:Inilah Racikan Oli Samping Vespa, Jaminan Mesin Sooter Italy Kamu tak Gembos

Meletusnya Perang Dunia I, memunculkan ide Piaggio untuk memulai usaha penerbangan. Usahanya itu dimulai tahun 1915, dengan memperbaiki dan membangun pesawat amfibi.

Gebrakan Piaggio pun makin nyata setelah dirinya bertemu Giovanni Pegna, seorang desainer dan insinyur aeronautika.

Kolaborasi keduanya menciptakan pesawat tempur monoplane P2 (Piaggio 2). Selanjutnya bermunculan P7, pesawat amfibi balap Piaggio, hingga P108 yang memiliki mesin 4 mesin.

Pesawat tersebut menjadi pesawat besar buatan Itali terakhir sebelum meletus Perang Dunia II.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: