Patahkan Mitos! Vespa Tua Ini Melaju Seperti Roket, 10 Jam Tanpa Henti

Patahkan Mitos! Vespa Tua Ini Melaju Seperti Roket, 10 Jam Tanpa Henti

Vespa 98 merupakan produksi Piaggio pertama kali yang diperkenalkan April 1946.--

SUMEKS.CO - Terobosan Piaggio merebut pasar otomotif dunia, layaknya mematahkan sebuah mitos. Bagaimana tidak, awal meluncurkan Vespa tahun 1946, banyak publik meragukannya. 

Apalagi awal mengaspal, Vespa hanya mengusung mesin 98 cc. Ternyata keraguan itu terbantahkan, setelah dari tahun ke tahun Piaggio terus berinovasi mengeluarkan Vespa dengan berbagai model. 

Puncaknya, 7 April 1950, Vespa membuktikan kualitasnya. Di Sirkuit Montlhery, Prancis, Vespa memecahkan rekor dunia. 

Sepeda motor dengan nama memiliki arti leba itu mampu melaju dengan kecepatan seperti roket. Mesin mampu bertahan 10 jam tanpa henti dipacu dengan kecepatan tinggi.

BACA JUGA:Nih Vespa Klasik Pertama! Awalnya Diragukan, Harga Dibandrol Rp 159,5 Juta, Sekarang Jangan Ditanya

Disaksikan dunia, dengan tiga pembalap yang bergantian dalam uji waktu 10 jam dengan kecepatan rata-rata 134 km/jam, yakni jarak 100 km (kecepatan rata-rata 129,7 km/h), jarak 500 km (kecepatan rata-rata 123,9 km/h ), dan jarak 1.000 km (kecepatan rata-rata 124,3 km/jam). 

Selama 10 jam, Vespa yang sudah mengusung mesin 125 cc, mampu meng-cover jarak sepanjang 1.049 kilometer. 

Vespa juga mampu membuktikan kualitasnya dengan meraih hasil yang cemerlang dalam sirkuit balap, di antaranya adalah kemenangan kelas scooter di Circuit of Genoa. 

Dimana persaingan antara Vespa dan Lambretta, dimulai. Lambretta juga merupakan scooter pabrikan satu negara dengan Vespa. Yang kemudian merupakan rival kuat Vespa.

BACA JUGA:76 Tahun Lalu Harga Dedengkot Vespa Ini Sudah Ratusan Juta, Sekarang Harganya Bikin Jantungan

Keberhasilan Vespa menunjukkan kualitasnya kepada dunia ini merupakan bagian promosi Piaggio, sebagai sepeda motor yang sporty. 

Sekedar informasi, Vespa 98 merupakan produksi Piaggio pertama kali yang diperkenalkan April 1946. Dengan tampilan yang tidak seperti sepeda motor umumnya, Vespa memberikan kejutan, tapi juga keraguan. 

Kejutan yang diberikan Piaggio ini berhasil menarik perhatian publik, atas penampakan Vespa 98 di acara Golf Club, Roma itu.

Dengan tameng yang dilengkapi oleh logo timbul guna menggantikan lambang Pesawat Piaggio sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: