Penggemar Scooter Wajib Tahu, Vespa Terinspirasi dari Mahluk Ini, Memang Mirip Sih
vespa tua incaran kolektor--
SUMEKS.CO – Layaknya motor lawas buatan Jepang, Vespa juga tak pernah habis masanya. Lebih dikenal sebagai motor lawasan, namun vespa terus berproduksi.
Terbaru Vespa mengeluarkan motor metik. Hanya saja harga sepeda motor metik buatan Itali ini selangit.
vespa incaran kolektor jadi barang mewah--
Meski sudah terkenal seantero dunia, dipastikan tidak banyak orang tahu sejarah lahirnya Vespa. Termasuk arti kata Vespa itu sendiri.
Enrico Piaggio yang memberi nama Vespa, dengan melihat bentuk bodinya yang khas, mendengarkan dengungan mesin. Itu mengingatkannya pada una vespa atau seekor tawon.
Vespa tidak serta merta langsung memproduksi sepeda motor layaknya Honda.
BACA JUGA:Vespa PTS 90 Spare Part Langka Tenaga Kurang, Dulu Tak Diminati Sekarang Layaknya Motor Ducati
Sejarah Vespa berawal tahun 1884, saat Rinaldo Piaggio yang saat itu masih berusia 20 tahun, merubah perusahaan ayahnya Piaggio & Co ke perusahaan pembuat alat transportasi di Sestri Ponente Genova, Itali.
Sejak awal ia memang memiliki cita-cita perusahaannya itu membuat kendaraan darat, laut dan udara.
Piaggio sempat menekuni bisnis furnitur dengan memasok ke kapal mewah. Meski akhirnya ia menyadari usaha itu sangat terbatas untuk tumbuh.
Disinilah Ia memulai bisnis transportasi, berupa kereta api. Namun lagi-lagi, ia belum puas dengan usaha itu.
Meletusnya Perang Dunia I, memunculkan ide Piaggio untuk memulai usaha penerbangan. Usahanya itu dimulai tahun 1915, dengan memperbaiki dan membangun pesawat amfibi.
BACA JUGA:Jika Rahasia Ini Bocor Bisa Tutup Semua Bengkel Vespa, Ini Resep Mesin Vespa Lawas Tetap Bandel
Gebrakan Piaggio pun makin nyata setelah dirinya bertemu Giovanni Pegna, seorang desainer dan insinyur aeronautika.
Kolaborasi keduanya menciptakan pesawat tempur monoplane P2 (Piaggio 2). Selanjutnya bermunculan P7, pesawat amfibi balap Piaggio, hingga P108 yang memiliki mesin 4 mesin.
Pesawat tersebut menjadi pesawat besar buatan Itali terakhir sebelum meletus Perang Dunia II.
Selanjutnya usaha keluarga ini berlanjut ke generasi ke tiga, yakni putra Rinaldo, Enrico Piaggio. Mendekati kekalahan Jepang atau tahun 1944, Enrico menemukan banyak sisa onderdil pesawat tempur buatan ayahnya.
BACA JUGA:Inilah Racikan Oli Samping Vespa, Jaminan Mesin Sooter Italy Kamu tak Gembos
Dari situlah muncul ide cemerlang Enrico membangun kendaraan sekuter. Enrico pun mendesain kendaraan roda dua.
Baru setahun kemudian kendaraan yang kemudian dikenal dengan nama Vespa diproduksi. Vespa 98 menjadi produksi pertama.
Seorang insinyur penerbangan, Corradino D'Ascanio, akhirnya merancang Vespa. Meski dia sebenarnya bukan penggemar sepeda motor. Dia mulai menghilangkan semua elemen yang tidak disukainya.
Prototipenya menampilkan roda kecil, kursi besar yang empuk, mesin yang benar-benar tertutup, dan pelindung tinggi di bagian depan, melindungi pakaian pengendara dari debu dan lumpur.
Ia memindahkan mesin dari posisi sentral tradisionalnya, yang mengharuskan pengendara mengangkangi mesin saat pemasangan, ke posisi di samping roda belakang.
BACA JUGA:Inilah Racikan Oli Samping Vespa, Jaminan Mesin Sooter Italy Kamu tak Gembos
Hal ini menciptakan celah antara setang dan kursi yang memfasilitasi pemasangan yang mudah dan bertahap bahkan untuk wanita yang mengenakan rok.
vespa incaran kolektor jadi barang mewah--
Vespa langsung populer. Tahun 1946, tahun pertama produksi, Piaggio memproduksi hanya di bawah 2.500 mesin. Pada Juni 1956, satu juta Vespa telah diluncurkan.
Enrico Piaggio meninggal dunia diusia 60 tahun atau tepatnya tahun 1965. Ia kehilangan ginjalnya, setelah mengalami tembak tahun 1943. (*)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: