Mengenal Kuliner Khas Pasemah, Memasak Ikan Ghuas Seperti Lemang, Spesial Menu Hajatan di Lahat dan Pagaralam

Mengenal Kuliner Khas Pasemah,  Memasak Ikan Ghuas Seperti Lemang, Spesial Menu Hajatan di Lahat dan Pagaralam

Mario Andramartik, penyuka budaya daerah (kanan) dan temannya saat memasak makanan khas Pasemah, ikan ghuas yang dimasak seperti lemang dalam bambu. foto: ist/sumeks.co.--

BACA JUGA:Melestarikan Makanan Tempo Dulu untuk Berbuka Puasa, Seberang Ulu Surganya Pecinta Kuliner Khas Palembang

Kuliner ikan ghuas setiap hari bisa dibeli di sepanjang jalan Desa Tanjung Sirih, Kecamatan Pulau Pinang Kabupaten Lahat. 

Jalan itu menuju perjalanan dari Lahat ke Pagaralam. 

“Selain ikan ghuas, di lokasi ini juga dijual ikan sepit dan lemang. Bisa dimakan di lokasi atau dibawa untuk suvenir,” sampainya.

Sementara ayam nanas biasanya selalu disajikan setiap kali hajatan. Disebut ayam nanas karena masakan ayam ini ditambahkan potongan nanas dengan bumbu-bumbu, seperti ketumbar, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, lengkuas, cabai merah, lada, garam, sereh (dimemarkan), daun salam. 

BACA JUGA:11 Resep Olahan Jamur Tiram yang Enak, Pengusaha Kuliner di Palembang Bisa Coba

“Kuliner ini berkuah dengan warna kuning. Nanas selain sebagai perasa, juga membuat daging ayam menjadi lunak. Saat ini gulai ayam nanas sudah dikemas dalam bentuk kaleng, bisa ditemukan di berbagai rumah makan,” jelasnya.

Pria yang memiliki perhatian besar terhadap budaya, khususnya kuliner khas berharap supaya menu-menu masakan daerah ini dapat dikenal secara luas. 

“Kami harap semua pihak dapat ikut melakukan promosi, baik melalui media, pameran, lomba, maupun festival kuliner,” pungkasnya. (agustina saridewi)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: