Hadir di Festival Celeng Srenggi Paguyuban Pujakesuma Sumsel, Ini Pesan SMB IV

Hadir di Festival Celeng Srenggi Paguyuban Pujakesuma Sumsel, Ini Pesan SMB IV

Sultan Palembang Darusaalam, SMB IV Jayo Wikromo RM Fauwaz Diraja membuka Festival Celeng Srenggi di Graha Taman Budaya Jaka Baring Palembang, Sabtu 18 Februari 2023.-Foto: dok/sumeks.co-

BACA JUGA:Ikatan Motor Indonesia Nobatkan Presiden Jokowi Sebagai Bapak Otomotif Indonesia

"Apalagi ini bentuk kegiatan yang memperkenal budaya Nusantara," tukas Mirzal.

Sedangkan Ketua Harian Pujakesuma Sumsel, Hernoe Roesprijadji, S.IP, MH, M.Si menjelaskan,  tujuan dilaksanakan festival ini adalah bentuk penghargaan dan apresiasi bagi para pelaku seni.

Khususnya pegiat Celeng Srenggi, agar lebih semangat untuk berkarya dan melestarikan tradisi.

“Kegiatan festival ini jauh dari jangkauan komersil. Selain itu pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk menarik minat anak-anak muda untuk tetap melestarikan budaya dan tradisi," katanya.

BACA JUGA:Presiden Direktur PT SMK Meradang, Minta Esemka Tak Dikaitkan Dengan Politik

Hernoe berharap kegiatan ini dapat didukung penuh pemerintah dengan memberikan anggaran. Diakuinya selama ini kegiatan berbau tradisi sangat kesulitan dalam menjadi sponsor.

"Tentunya kegiatan ini harus didukung oleh pemerintah lewat anggaran kesenian agar kesenian ini bisa lestari. Selama ini kebanyakan kegiatan yang berbau tradisi sangat susah untuk mencari sponsor. Biasanya ketua panitia langsung menjadi penyandang dana, peserta bahkan langsung jadi pemain, tentunya hal hal seperti ini ke depannya tidak terjadi lagi,” ungkapnya.

Dan tak kalah penting menurut Hernoe, kegiatan seperti ini harus bersinergi dengan UMKM agar UMKM bisa hidup selain menjaga seni dan tradisi sebagai kewajiban bersama. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: