37 Orang Datuk–Datuk Negeri Sembilan dan SMB IV Sepakat Kedepan Jalin Kerjasama

37 Orang Datuk–Datuk Negeri Sembilan dan SMB IV Sepakat Kedepan Jalin Kerjasama

37 orang datuk-datuk dari Negeri Sembilan Malaysia melakukan silaturahmi ke di istana adat Kesultanan Palembang Darussalam.--

SUMEKS.CO - Sebanyak 37 orang datuk-datuk dari Negeri Sembilan Malaysia mengunjungi istana adat Kesultanan Palembang Darussalam Palembang di Jalan Sultan M Mansyur, Kecamatan IB II Palembang, Jumat 17 Maret 2023.

Rombongan datuk-datuk dari Negeri Sembilan Malaysia tersebut disambutlangsung oleh Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja SH M Kn didampingi R.M.Rasyid Tohir, Dato’ Pangeran Nato Rasyid Tohir, Pangeran Mas’ud Khan, Pangeran Jayo Syarif Lukman, Pangeran Suryo Febri Irwansyah (Vebri Al Lintani), seniman Ali Goik.

Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja SH M Kn menjelaskan, datuk-datuk dari Negeri Sembilan Malaysia datang ke Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam untuk bersilaturahmi dan mempererat jaringan dan hubungan.

“Mereka ingin mengetahui sejarah yang terkait kemelayuan dan ke Malaysian sehingga kita makin erat karena kita merupakan satu rumpun  dan satu kesatuan,” katanya.

BACA JUGA:Goa Batu Napalicin Populer Jadi Objek Arkeologi yang Mendunia, Konon Jadi Tempat Pelarian Sultan Palembang

Kedepannya para datuk-datuk ini akan sering berkunjung ke  Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam dan menggelar  kegiatan bersifat ilmiah bersama Kesultanan Palembang Darussalam.

Pangeran Suryo Febri Irwansyah (Vebri Al Lintani) menambahkan, kedatangan 37 orang datuk-datuk dari Negeri Sembilan  Malaysia  ke Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam berkaitan dengan program jejak kelilmuan antara Pekan Baru (Riau), Jambi, Palembang dengan Negeri Sembilan Darul Khusus 14 hingga 18 Maret 2023.

 “Yang datang rata-rata datuk-datuk dari Negeri Sembilan , ada juga ketua adat dan pembina adat mereka  dan Isya Allah akan diteruskan dengan keilmuan itu dengan komunikasi , mereka ingin lebih tahu lebih banyak atau sama-sama mengangkat adat istiadat  baik di Negeri Sembilan  maupun di Palembang Darussalam ini, dalam rangka sama-sama berjuanglah untuk menegakkan adat istiadat di negeri masing-masing,” katanya.

SMB IV menurutnya mendapatkan cinderamata  berupa reflika tanjak negeri sembilan  dari datuk-datuk tersebut.

BACA JUGA:Potret Palembang Icon Mall, Tempat Nongkrong dan Belanja Para Sultan Palembang

Rasmita Rasyid perwakilan travel agen Pekanbaru mengatakan,  rombongan datuk-datuk  istana yang bertugas di Istana Kesultanan Negeri Sembilan, Malaysia .

“Ada juga ibu-ibu itu namanya ibu soko , soko itu sama dengan ibu kandung kalau di Sumatera Barat, ibu adatlah, mereka ini berkunjung ke Pekanbaru, Jambi dan Palembang dan di Palembang  dua hari dari semalam dan besok bertolak ke Malaysia,” katanya.

Rombongan ini menurutnya ingin mencari keilmuan tentang sejarah melayu , sambungan , jejak sejarah , jejak keilmuan tentang  adat istiadat melayu di Sumatera yang berhubungan dengan Malaysia.

“Dari Istana Adat kami akan mengunjungi tempat wisata di  Palembang, ke Benteng Kuto Besak , Al Quran raksasa ukuran kayu , melihat kerajinan songket  dan menikmati kuliner Palembang ,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: