Hadir di Festival Celeng Srenggi Paguyuban Pujakesuma Sumsel, Ini Pesan SMB IV

Hadir di Festival Celeng Srenggi Paguyuban Pujakesuma Sumsel, Ini Pesan SMB IV

Sultan Palembang Darusaalam, SMB IV Jayo Wikromo RM Fauwaz Diraja membuka Festival Celeng Srenggi di Graha Taman Budaya Jaka Baring Palembang, Sabtu 18 Februari 2023.-Foto: dok/sumeks.co-

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Paguyuban Keluarga Besar Nusantara mengadakan kegiatan Festival Celeng Srenggi yang berlangsung 18-19 Februari 2023. 

Pembukaan Festival ini digelar di Graha Taman Budaya Jalan Seniman Amri Yahya, Jakabaring Palembang, Sabtu 18 Februari 2023.

Sultan Palembang Darusaalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jayo Wikromo RM Fauwaz Diraja SH Mkn hadir membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Dalam kesempatan itu, SMB IV mengatakan Palembang adalah kota yang heterogen. Banyak kebudayaan dan tradisi yang dibawa ke Palembang dari para pendatang. 

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Mobil Honda CRV Terbakar di Jalan Demang Lebar Daun

Kebudayaan tersebut harus selalu dilestarikan untuk menjaga akar dan tradisi dari daerah asal agar tidak hilang. 

Selain itu SMB IV berpesan agar Festival Celeng Srenggi yang selama ini hanya tampil di acara tertentu saja, harus dikemas dengan lebih baik.

Tujuannya tak lain agar banyak yang tertarik dan didukung dengan promosi.

"Festival ini adalah festival seni tradisi. Anak-anak muda harus terus mempromosikan ini lewat sosial media agar tradisi lebih dikenal di dunia luar," pesan SMB IV.

BACA JUGA:Helikopter yang Ditumpangi Kapolda Jambi Diduga Jatuh di Kerinci? Polda Sumatera Selatan Kirim Bantuan

Sementara Ketua Panitia Festival, Sulaiman menerangkan, Celeng Srenggi adalah binatang celeng (babi hutan) sebesar sapi atau kerbau.

Binatang ini memangsa tanaman di sawah petani dengan sangat cepat dan rakus. Selain itu binatang ini tidak mempan dengan segala senjata tajam. Sehingga petani kewalahan mengenyahkannya.

"Festival ini diikuti oleh 23 peserta. Meliputi Palembang, Lampung, lahat dan Banyuasin. Selain itu kegiatan festival ini didukung oleh Taman Budaya Sriwijaya Jakabaring," terangnya.

Kepala Seksi Taman Budaya Jakabaring, Mirzal Fadila menambahkan, Taman Budaya Jakabaring sangat mendukung kegiatan kegiatan budaya yang ada di Sumatera Selatan dan nusantara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: