Fakta MAN Insan Cendekia OKI, Madrasah yang Masuk Top 1000 Sekolah Terbaik 2022 Versi LTMPT

Fakta MAN Insan Cendekia OKI, Madrasah yang Masuk Top 1000 Sekolah Terbaik 2022 Versi LTMPT

Kepala Sekolah, guru dan staf MAN IC OKI.-Foto: dok/sumeks.co-

KAYUAGUNG, SUMEKS. CO - Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Kabupaten Ogan Komering Ilir (MAN IC OKI) adalah salah satu madrasah yang termasuk dalam Top 1000 Sekolah Terbaik tahun 2022 versi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LPMPT).

Fakta lainnya, sekolah yang terletak di Jalan Lintas Desa Seriguna Kecamatan Teluk Gelam ini merupakan madrasah terbaik pertama di Sumatera Selatan pada tahun 2020 dan 2021. Termasuk juga madrasah terbaik ke-6 nasional, dan SMA/MA terbaik 61 nasional. 

Dikatakan Kepala MAN IC OKI, H Kiagus Faisal, SAg MPdi didampingi Wakil Kepala Madrasah Bidang Humas, Afryansyah, MAN IC OKI ini merupakan madrasah unggulan nasional bertipologi akademik di bawah Kementerian Agama RI.

Sejarahnya, MAN IC awalnya merupakan sekolah/SMA bernama magnet school atau dikenal SMU Insan Cendekia yang berada di Serpong Banten dengan keunggulan akademik dan Agama Islam atau keseimbangan antara IPTEK dan IMTAK.

"Pembangunan madrasah ini diinisiasi oleh founding father, Prof BJ Habibie pada tahun 1996. Untuk MAN IC OKI sendiri berdiri sejak tahun 2015 lalu," ujar Faisal, kepada SUMEKS. CO,  Jumat 18 November 2022.

BACA JUGA:PDAM Tirta Agung OKI Tertibkan Pelanggan Menunggak dan Tanpa Meteran Khusus

Diungkapkan, madrasah yang didirikan oleh BJ Habibie ini bertipologi Akademik, Riset, Sains, Teknologi, Penguatan Bahasa Asing serta Penguatan Karakter.

MAN IC OKI sendiri merupakan madrasah unggulan nasional di Indonesia yang bertujuan mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam IMTAQ serta menguasai IPTEK yang dapat mengaktualisasikan ke masyarakat.

Pada tahun 2022 ini, MAN IC sudah tersebar di 23 provinsi Indonesia. MAN IC OKI berdiri di atas tanah minimal 10 Hektar dan merupakan madrasah berasrama (boarding school) selama 3 tahun dengan menerapkan kurikulum 2013, kurikulum merdeka, kurikulum madrasah berdasarkan KMA 183  tahun 2019, dan kurikulum inovasi madrasah.  

"Siswa-siswi disini cukup banyak prestasi, MAN IC ini adalah terbaik pengelola SBSN tahun 2018. Gurunya pun merupakan guru profesional yang berkualifikasi S1, S2, dan S3 bersertifikasi pendidik. Sistem rekrutmen guru secara nasional dari berbagai provinsi di Indonesia," jelasnya. 

Dilanjutkan Faisal, dalam hal penerimaan siswa siswi untuk jalur tes, sistem seleksi berbasis computer dengan bidang uji tes potensi belajar dan tes potensi akademik. Setiap tahunnya, MAN Insan Cendekia OKI membuka kuota 120  peserta didik baru. Pada tahun 2022 ini, pendaftar berjumlah 1.856 peserta dari 22 provinsi di Indonesia. 

BACA JUGA:Bukan Pawang Hujan, Ini yang Dilakukan Wishnutama Sukses Gala Dinner G20 Outdoor di GWK Tanpa Hujan

Pendaftaran biasanya dibuka mulai Januari setiap tahunnya. Biaya pendidikan di MAN IC OKI gratis, hanya membayar biaya makan bulanan.

Untuk diketahui alumninya, 98 persen diterima di Perguruan Tinggi favorit di dalam maupun di luar negeri. Sebaran alumni sudah kuliah di berbagai perguruan tinggi, seperti University of Toronto, Kanada. Al Azhar Kairo, Mesir, RWTH Aachen University, Jerman British Columnia University COMU University, Turkey International Islamic University of Malaysia (IIUM), Khortum University (Sudan), Universitas Zaitunnah Tunisia. Universitas dalam negeri semua universitas negeri di Indonesia termasuk sekolah kedinasan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: