Masyarakat Kabupaten OKI Terima STB TV Gratis dari Kemenko PMK dan Kemenkominfo

Masyarakat Kabupaten OKI Terima STB TV Gratis dari Kemenko PMK dan Kemenkominfo

Warga Kabupaten OKI menerima STB TV. -Foto: dokumen/sumeks.co-

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyalurkan bantuan Set Top Box Televisi (STB TV) gratis kepada masyarakat.

Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mendapatkan STB TV digital ini ada sebanyak 14.820 unit. STB TV adalah peranti teknologi informasi yang tugas utamanya memproses sinyal digital menjadi sinyal analog.

Cara kerja STB TV digital, yaitu mengolah input (sinyal yang ditangkap antena UHF) siaran digital, lalu dikeluarkan dalam bentuk gambar dan suara ke TV analog.

Dalam penyaluran bantuan STB TV Dari Pemerintah pusat melalui Vendor PT NCT Cargo, di Kabupaten OKI mendapatkan kuota sebanyak 14.820 unit bagi masyarakat secara gratis yang tersebar di 18 Kecamatan. 

BACA JUGA:70 Calon Pengantin di Jejawi OKI Ikut Bimbingan Perkawinan dari KUA

“Untuk wilayah Kabupaten OKI, didistribusi STB sebanyak 14.820 unit secara gratis,” kata Pengurus PT NCT Cargo Ikhwanu Reza, Senin 27 Februari 2023.

Dia mengungkapkan, untuk pendistribusian bantuan STB TV kepada masyarakat yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah, pihaknya belum mengetahui apakah akan ada penyaluran tahap berikutnya.

“Tahap selanjutnya kita tidak bisa pastikan karena kami hanya vendor distribusi saja. Jadi informasi tahap selanjutnya, silakan koordinasi dengan Kominfo kabupaten atau pusat,” terangnya. 

Salah satu warga Desa Air Itam, Kecamatan Jejawi, Amrul berterima kasih atas diterimanya bantuan STB TV di desanya. Akan tetapi masyarakat juga mengusulkan dalam penerima selanjutnya dilengkapi dengan antena digital.

BACA JUGA:Siaran TV Analog di Sumsel Dimatikan, Begini Cara Setting STB

“Ada kendalanya itu di TV karena disini susah sinyal, semestinya harus dilengkapi juga bantuan antena digital. Karena jika memakai antena manual rata rata tidak berfungsi," ungkapnya. 

Dikatakan Amrul, sebagai masyarakat juga mengusulkan kepada pemerintah kedepannya agar kiranya masyarakat yang belum mendapatkan STB itu bisa mendapatkan semua. 

Untuk diketahui berdasarkan data sebaran kuota distribusi WLS Sumatera Selatan-1 di Kabupaten OKI menerima 14.820 unit.

Berikut rincian penerima bantuan STB Per-Kecamatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: