Literasi Digital Mahasiswa Generasi Z: Produktif Menggunakan Media Sosial Secara Etis dan Bermoral

Literasi Digital Mahasiswa Generasi Z: Produktif Menggunakan Media Sosial Secara Etis dan Bermoral

--

Literasi Digital Mahasiswa Generasi Z: Produktif Menggunakan Media Sosial Secara Etis dan Bermoral

JAKARTA, SUMEKS.CO - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) bersama dengan Politeknik Negeri Jember (POLIJE) menyelenggarakan kegiatan Literasi Digital bagi mahasiswa Generasi Z di Lingkungan Perguruan Tinggi Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 secara hybrid, Senin, 10 April 2023 di Aula Soetrisno Widjaja,

Politeknik Negeri Jember yang dihadiri oleh sekitar 800 peserta secara luring dan daring. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas literasi digital mahasiswa generasi z agar mampu menggunakan media sosial secara positif, produktif, dan bermanfaat dengan mengedepankan etika dan moral.

Survei Indeks Literasi Digital Nasional yang dilakukan oleh Kemenkominfo dan Katadata Insight Center (KIC) pada tahun 2022 lalu yang menunjukkan bahwa kapasitas Literasi Digital masyarakat Indonesia dinilai sebesar 3.54 dari 5.00.

Berdasarkan hal tersebut, tingkat literasi digital di Indonesia masih berada dalam kategori “sedang”.

BACA JUGA:Hwasongpo-18 Rudal Korut dengan Teknologi Terbaru, Rudal Balistik yang Diluncurkan di Pyongyang

Berdasarkan hal tersebut, Kemenkominfo berkolaborasi dengan sejumlah komunitas dan kelompok masyarakat untuk meliterasi masyarakat tentang materi yang didasarkan pada 4 pilar utama literasi digital, yaitu kecakapan digital, etika digital, budaya digital, dan keamanan digital.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Wakil Direktur 3 Politeknik Negeri Jember, Wahyu Kurnia Dewanto, yang menyampaikan bahwa, Literasi digital merupakan kecakapan yang perlu dimiliki seluruh masyarakat dalam menghadapi arus informasi yang semakin deras.

"Kecakapan digital sangat penting untuk kita dalam mencari dan menemukan informasi yang tepat," tegasnya.

Wahyu juga mengapresiasi kerja sama antara Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dengan Politeknik Negeri Jember yang telah berjalan sejak tahun 2018 dengan program terdahulu yaitu Digital Talent Scholarship (DTS) dan Vocational School Graduate Academy (VSGA).

BACA JUGA:CEK FAKTA: Rumah Sultan Andara Raffi Ahmad Digeledah KPK, Tracing Asset Kasus Pencucian Uang Wahyu Kenzo

Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo RI, Bonifasius Wahyu Pudjianto, dalam sambutan sekaligus pembukaan acara menjelaskan bahwa transformasi digital telah mengubah setiap aspek kehidupan masyarakat.

Pemerintah bertanggung jawab untuk memfasilitasi adaptasi tersebut salah satunya dengan program literasi digital.

"Literasi digital merupakan kecakapan yang perlu dimiliki seluruh masyarakat. Kecakapan ini diharapkan dapat menghantar masyarakat menjadi masyarakat yang beretika, berbudaya, aman dan tentram dalam memanfaatkan teknologi informasi," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: