Literasi Digital Sektor Pemerintahan kepada ASN dan SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI

Literasi Digital Sektor Pemerintahan kepada ASN dan SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI

--

SUMEKS.CO - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) menyelenggarakan kegiatan Literasi Digital Sektor Pemerintahan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) dan SDM Kemenkominfo pada Senin - Rabu, 3-5 April 2023.

Kegiatan diadakan secara Hybrid di Hotel Santika ICE BSD, Tangerang Selatan. Pada hari pertama, kegiatan ini ditujukkan untuk JPT Madya (Pimpinan Unit Kerja dan Staf Ahli) dan JPT Pratama Kemenkominfo yang mencapai 68 peserta.

Kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan kompetensi ASN dan SDM Kemenkominfo di bidang digital.

Selain itu, Literasi Digital Sektor Pemerintahan juga dilakukan agar pegawai Kemenkominfo mampu memahami serta menghadapi isu yang sedang berkembang di masyarakat, terutama mengenai tahun politik.

BACA JUGA:Program Gojek Swadaya Bantu Ratusan Ribu Mitra Driver Gojek Menghemat Hingga 15 Persen dari Biaya Operasional

Pegawai Kemenkominfo juga diharapkan dapat memahami kultur digital serta kode etik untuk mewujudkan terciptanya netralitas dalam rangka memberi pelayanan terbaik sebagai aparatur negara.

Survei Indeks Literasi Digital Nasional yang dilakukan oleh Kemenkominfo dan Katadata Insight Center (KIC) pada tahun 2022 lalu menunjukkan bahwa kapasitas Literasi Digital masyarakat Indonesia dinilai sebesar 3.54 dari 5.00.

Berdasarkan hal tersebut, tingkat literasi digital di Indonesia masih berada dalam kategori “sedang”.

Kegiatan literasi digital yang diselenggarakan untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Sumber Daya Manusia (SDM) Kemenkominfo ini merupakan salah satu upaya Kemenkominfo dalam mempercepat transformasi digital di lingkungan pemerintahan menuju Indonesia #MakinCakapDigital.

BACA JUGA:Jackie Chan Kembali Bintangi Film Layar Lebar, Film Ride On akan Tayang Besok

Kegiatan diawali dengan laporan kegiatan dari Direktur Pemberdayaan Informatika, Boni Pudjianto.

Dalam laporannya, Boni mengungkapkan bahwa melalui kegiatan ini Aparatur Pemerintah diharapkan mampu mengelola rasa untuk menjadi perekat dan pemersatu bangsa pada kehidupan digital.

“Sebentar lagi bapak-ibu akan mendapatkan materi empat pilar literasi digital yang tentunya akan berujung pada upaya transformasi digital untuk aparatur negara dan juga akan mengarahkan bapak-ibu membentuk netralitas dalam menyambut tahun politik,” jelas Boni.

Boni juga menjelaskan bahwa sikap netralitas ASN menjadi hal yang penting untuk diingatkan berulang kali kepada para ASN dan SDM di lingkungan Kemenkominfo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: