Panwascam Palembang Dilantik, Pelanggaran Pemilu Bisa Dilaporkan

Panwascam Palembang Dilantik, Pelanggaran Pemilu Bisa Dilaporkan

Pelantikan anggota Panwaslu Kecamatan se-Kota Palembang, Kamis 27 Oktober di Graha STIHPADA. foto: m naba anwar sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO -  Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Palembang, M Taufiq melantik 54 anggota Panwaslu Kecamatan se-Kota Palembang, di Griya STIHPADA Palembang, Kamis 27 Oktober 2022.

Pelantikan tersebut juga disertai pengambilan sumpah jabatan anggota Panwaslu Kecamatan se-Kota Palembang.

"Hari ini pelantikan juga dilakukan pembekalan, dan langsung turun ke wilayah masing-masing untuk berkoordinasi dengan stakeholder yang ada, yakni kecamatan, Kapolsek, maupun Dandim untuk memperkenalkan diri dan pengawasan," kata M Taufiq kepada awak media.

M Taufiq menjelaskan, anggota Panwaslu Kecamatan se-Kota Palembang akan langsung melakukan pengawasan dalam proses verifikasi faktual partai politik yang sedang berjalan saat ini.

"Pembekalannya materi-materi mengenai tahapan, tugas, dan fungsi sebagai Panwaslu dan materi-materi lainnya," jelasnya.

BACA JUGA:Resmi, Nasdem Usung Anies Baswedan Jadi Capres untuk Pemilu 2024

Lanjut M Taufiq, Panwaslu Kecamatan se-Kota Palembang akan melakukan potensi pengawasan terhadap potensi pelanggaran.

"Jadi kalau ada masyarakat menemukan potensi-potensi pelanggaran langsung datang ke Panwascam maupun ke kantor Bawaslu Kota Palembang," ucapnya.

M Taufiq menyebutkan masa tugas Panwascam hingga selesai pesta demokrasi. "Saya harap anggota Panwascam di tiap kecamatan ada tiga orang termasuk ketua, semoga dapat berjalan dengan baik sesuai fungsinya," tutupnya.

Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda turut hadir pada pelantikan tersebut. "Saya mewakili Pemerintah Kota (Pemkot Palembang) mengucapkan selamat atas pelantikan oleh Bawaslu Kota Palembang se-Kecamatan Kota Palembang berjumlah 54 dengan seleksi yang ketat," ungkapnya kepada awak media.

Lanjut Fitrianti Agustinda, diketahui jumlah yang mendaftar seleksi Panwascam sebanyak 500 sampai 600 orang.

BACA JUGA:Ini Daftar Pejabat atau Sosok yang Dilarang Gabung Timses Pemilu 2024

"Tentu harapan kami dapat memegang amanah dengan baik dan melaksanakan tugas dengan baik sehingga saat pesta demokrasi nanti betul-betul berjalan dengan baik. Saya mengucapkan terima kasih kepada Bawaslu Kota Palembang," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: