Rakernas IV Peradi SAI, Bagja: Kewenangan Bawaslu Sebagai Pintu Masuk Pelanggaran Pemilu

Rakernas IV Peradi SAI, Bagja: Kewenangan Bawaslu Sebagai Pintu Masuk Pelanggaran Pemilu

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja menjadi pembicara di Rakernas IV, yang diadakan PERADI SAI, Jumat 25 Agustus 2023..--

MAKASSAR, SUMEKS.CO - Ketua Bawaslu Rahmat Bagja mengatakan Bawaslu menjadi ‘pintu masuk’ atas semua pelanggaran yang terjadi dalam proses penyelenggaraan pemilu dan pemilihan. 

Hal itu disampaikannya saat menjadi pembicara di Rakernas IV, yang diadakan PERADI SAI, Jumat 25 Agustus 2023.

"Berdasarkan kerangka hukum UU Pemilu maupun UU Pemilihan, Bawaslu menjadi ‘pintu masuk’ atas semua pelanggaran yang terjadi dalam proses penyelenggaraan pemilu dan pemilihan," kata Bagja.

Pintu masuk yang dimaksud, kata Bagja, Bawaslu menerima laporan dan melakukan kajian terhadap pelanggaran pemilu/pemilihan. 

BACA JUGA:Popnas XVI Sumatera Selatan 2023 Resmi Dibuka, Tuan Rumah Kirim Atlet Terbanyak untuk Rebutkan 339 Medali Emas

Dalam melakukan kajian, Bawaslu dapat meminta keterangan para pihak. Batas waktu melakukan kajian ini berbeda antara pemilu dan pemilihan. 

Ketika pemilu batas waktunya adalah paling lama 14 hari kerja, sedangkan pada pemilihan paling lama 5 hari kalender.

"Hasil dari pengkajiannya, Bawaslu dapat berupa 2 hal: Penanganan dihentikan atau diteruskan/direkomendasikan kepada instansi lain yang berwenang," ungkap Bagja.

Kemudian dia melanjutkan dalam konteks penanganan tindak pidana pemilu/pemilihan, Bawaslu melakukan penanganan secara bersama-sama dengan Polisi dan Jaksa yang tergabung dalam Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

BACA JUGA:Kata Netizen Aldila Tak Gembar Gembor Tapi Jos Berprestasi, Buktinya Juara Ganda Putri WTA Cleveland 2023

"Dengan demikian, penentuan dilanjutkan atau tidaknya penanganan tindak pidana pemilu/pemilihan dilakukan secara bersama di Gakkumdu," terangnya.

Guru Besar Dekan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Prof. Hamzah Halim beranggapan penguatan kapasitas Bawaslu sebagai lembaga pengawas harus ditingkatkan dari segi kewenangan.

"Bawaslu harus diberikan sumber daya dan wewenang yang memadai untuk melakukan pengawasan," tegasnya.

Acara yang dimoderatori Ketua Umum Peradi SAI Andi Simangunsong tersebut, turut dihadiri Mantan Hakim Mahkamah Konstitusi Dr. Hamdan Zulfa.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: