KPK akan Periksa Anies, untuk Dalami Dugaan Korupsi Ajang Balap Formula E

KPK akan Periksa Anies, untuk Dalami Dugaan Korupsi Ajang Balap Formula E

Juru Bicara KPK Ali Fikri--

SUMEKS.CO, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Rabu (7/9) besok akan diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Keterangan Anies penting untuk melengkapi proses penyelidikan dugaan korupsi pada ajang balap mobil Formula E.

Menurut Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri, dalam proses penyelidikan KPK  dapat mengundang berbagai pihak untuk dikonfirmasi dan diklarifikasi oleh tim penyelidik KPK.

Sebelumnya dalam proses penyelidikan ini, KPK juga sempat meminta keterangan dari Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta Anggara Wicitra Sastromidjojo hingga Dino Patti Djalal. 

Karena itu, KPK mengakui siapapun layak untuk diperiksa dalam penyelidikan ini. “Sehingga siapapun jika memang keterangannya dibutuhkan pasti akan kami panggil,” tegas Ali.

Meski demikian, Ali masih enggan membeberkan materi pemeriksaan terhadap Anies Baswedan. “Hal ini untuk melengkapi pengumpulan bahan keterangan dalam rangka mencari dan menemukan adanya dugaan peristiwa pidananya. Tentu sebagai tindak lanjut KPK atas laporan masyarakat,” ucap Ali.

Oleh karena itu, KPK meminta agar Anies dapat kooperatif menghadiri pemeriksaan di KPK pada Rabu (7/9) . Keterangan Anies dianggap penting untuk melengkapi proses penyelidikan.

“KPK berharap pihak-pihak agar kooperatif supaya seluruh proses berjalan secara efektif dan efisien, dengan tetap mengedepankan prinsip-prinsip dan norma hukum yang berlaku,” ujar Ali.

BACA JUGA: Telkomsel Hadirkan Produk, Layanan Jaringan Terdepan DWG G20

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membenarkan bahwa dirinya dipanggil oleh Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) untuk dimintai keterangan terkait ajang Formula E.

“Iya betul. Saya menerima surat pemanggilan untuk dimintai keterangan oleh KPK pada hari Rabu tanggal 7 September pagi,” ujarnya ketika menghadiri seremonial penurunan mandiri kabel udara oleh Penyedia Jaringan Utilitas ke dalam Sarana Jaringan Utikitas Terpadu di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Senin (5/9).

Anies menyatakan akan memenuhi undangan dari KPK dan datang untuk membantu menjelaskan semua yang ingin pihak KPK ketahui. “Insya Allah saya akan datang dan akan membantu untuk bisa membuat semuanya menjadi lebih jelas,” tegasnya.

BACA JUGA:Sesalkan Penyebab Kematian Putra Soimah di Pondok Gontor

Gubernur yang akan segera lengser pada Oktober nanti itu menegaskan bahwa kehadiran dirinya ke KPK hanya sekadar untuk memberikan keterangan terkait Formula E, tidak kurang dan tidak lebih nantinya. “Hanya memberi keterangan, gitu aja. Terkait Formula E. Enggak ada keterangan, hanya begitu saja,” pungkasnya. (jpg/jawapos/kpk)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: