Wajib Tahu Kalau Mau Jadi 'Wong Kito', Berikut 6 Jenis Kerupuk Kemplang Khas Palembang yang Sudah Langka

Wajib Tahu Kalau Mau Jadi 'Wong Kito', Berikut 6 Jenis Kerupuk Kemplang Khas Palembang yang Sudah Langka

Wajib Tahu Kalau Mau Jadi 'Wong Kito', Berikut 6 Jenis Kerupuk Kemplang Khas Palembang Yang Sudah Langka--

BACA JUGA:Enak dan Bergizi, Ini Menu Wajib Wong Palembang Saat Buka Puasa di Bulan Ramadhan

1. Kemplang Tunjung

Kemplang Tunjung ini memiliki ciri khas bisa bulat atau persegi empat, dengan diberi kreasi motif bunga lengkap dengan daun.

Umumnya kelempang Tunjung yang berbahan olahan ikan serta tepung tapioka ini selain berwarna putih seperti warna kemplang pada biasanya, juga dipadukan dengan warna merah dah hijau, dari pewarna makanan.

Kemplang Tunjung akan berbentuk sangat besar setelah digoreng, selain bisa dimakan juga sebagai penghias sajian makanan adat Palembang seperti "Buluh Sebatang".


--

2. Kemplang Anggur (merah)

Bentuk kerupuk yang satu ini memang dibuat layaknya mirip seperti buah anggur, dengan ciri khas berwarna merah dan putih pada bagian tengah kerupuk.

Serta berwarna hijau dibuat seolah mirip tangkai dari buah anggur.

Cara pembuatannya tergolong cukup rumit, sebelum direbus bahan dasar Kemplang di buat berbentuk seperti pipa terlebih dahulu.

Setelah jadi kemudian kembali diselimuti adonan warna merah dan hijau membentuk seperti anggur.

3. Kelempang melati

Cara pembuatan Kelempang ini hampir sama dengan membuat Kemplang Anggur berwarna merah, bedanya hanya mengganti warna merah dengan warna hijau makanan, dan dibentuk mirip seperti bunga melati.

4 . Kelempang kipas

Perlu ketelatenan dan keuletan untuk membuat Kemplang yang satu ini, dikarenakan rumitnya proses membentuk adonan kerupuk ini hingga berbentuk mirip seperti kipas tangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: